Senin, 09 November 2015

KOTA KINABALU SEBUAH KOTA METRO DI BERANDA HUTAN KALIMANTAN


NusanTaRa.Com


Mungkin tak banyak yang tahu tentang kota Kinabalu yang terletak utara pulau Kalimantan meski di Kota ini banyak didatangi warga negara asing untuk mencari kerja.    Sekilas gambaran di atas menunjukkan bahwa kota ini menyediakan lapangan pekerjaan dengan dinamika pembangunan yang maju,  ya .....   tentunya tak salah anggapan tersebut dengan realita yang ada,  dimana pertumbuhan ekonomi, perindustrian, inprastruktur, bangunan dan sebagainya cukup pesat sehingga tak salah bila kota ini disebut sebagai kota yang pesat kemajuannya di pulau Kalimantan saat ini.

Pertumbuhan ekonomi yang baik didasari  perdagangan, perindustrian, perkebunan, perikanan dan alam lainnya menjadikan kota ini maju dengan pesat.   Sebagai pusat pemerintahan di negeri bagian Sabah, kota ini juga menjadi pusat transportasi baik domestik  maupun Internasional.   Angkutan Darat dilayani Terminal Kampung Air untuk kota-kota yang berada di wilayah utara Sabah, Terminal Ocean Shopping melayani bagian Barat daya Sabah hingga ke Serawak dan Brunai dan Terminal Inanam melayani wilayah pedalaman Sabah dan wilayah Timur sabah. Pelabuhan Laut di Jesselton  cukup ramai dengan kapal kargo baik pelayaran antar Malaysia maupun luar negeri.   Bandara Udara di Tanjung aru melayani penerbangan domistik dan Internasional seperti penerbangan langsung ke Jakarta, Brunai Darussalam, Shanghai, Guangzhou, Hong Kong, Manila, Singapura, Taipei dan Kaohsiung.

Kota Kinabalu ibarat sebuah Metro yang tumbuh di Pelataran Hutan Tropis Kalimantan bagian Utara, jika kita amati dari udara setidaknya demikianlah kata seorang pendatang disana.   Penataan Kota yang rapi dengan Pertumbuhan pencakar langit yang pesat  sebagai tempat kegiatan bisnis seperti Pusat pemerintahan, shoping center, Hotel, dan Pemukiman.    Seperti Tanjung Lipat pusat pemerintahan Negeri bagian Sabah, Likas lokasi perdagangan, pusat olah Raga dan Mesjid Raya, Jesselton point Pelabuhan Laut, Suria Sabah Mall, CSD, Wisma Merdeka Mall dan Hayyat Hotel, Kawasan Ocean terdapat Ocean Shoping Center, Center Point Sabah, Warisan Shoping, Star City, Jesselton Quay, Wisma Raffles, Hotel Le Poriminade, Hotel Klagan dll dan Karamunsi terdapat Karamunsing Mall, Sabah Bank.   Kawasan pertumbuhan Indutri terdapat di daerah Likas, Inanam dan Kalombong.
Center Point

Buat yang hoby maniak Shoping di sini sangat cocok selain yang diatas masih tempat lainnya, untuk lebih memudahkan saya sarankan untuk mengunjungi Suria Sabah Mall, Center Point Sabah, Warisan Shoping, Ocean Shoping Center dan Karamunsing Mall dengan berbagai barang dari barang elektronik hingga busana dengan kwalitas, branded berkualitas dan harga tebilang wajar.       Pusat perbelanjaan tersebut bangunan besar dengan arsiteksi yang keren membuat anda shoping dengan santai sembara berhibur. 

Traveler yang datang ke Kota Kinabalu dapat mengunjungi Tanjung Lipat menikmati alam pantai laut sepanjang 2 km dan menikmati keindahan pulau-pulau yang bertebaran di dalam teluk,   mengunjungi mesjid terbesar di Sabah dan mengunjungi Stadion Sabah.    Tanjung Aru dengan permandian lautnya terletak 18 km sebelah Barat daya dengan pasilitas Hotel yang cantik.   Atau berjalan sepanjang Jesselton Point menikmati SeaFood, menyaksikan keindahan bangunan Suria Sabah, CSD, WismaMerdeka yang menjulang tinggi atau menyaksikan keindahan Pulau Gaya.     Pulau Gaya awalnya merupakan Kota Kinabalu (1882-1898) dihuni warga Moro pelarian dari Philippina,  di Jesselton Point disediakan Boat untuk menyaksikan masyarakat Pulau Gaya yang bermukim diatas laut dengan tarip RM$ 30 selama 40 menit.
Tak jauh dari Anjungan Jesselton point tadi terdapat dermaga kapal perikanan dengan segala aktipitasnya yang banyak disibukkan para nelayan Warga Philippina, Kadazan dan China dengan kapal perikanan berukuran sedang dan besar yang sedang bersandar dan berlabuh.    Dari situ terdapat pasar ikan dengan kesibukan penjualan dan distribusi kesekitar kota Kinabalu, pada malam harinya diramaikan dengan tenda-tenda makanan SeaFood yang sedap dan harga berpatutan.

Taman Bandaraya satu tempat yang jangan sampai anda terlewatkan karena di daerah ini terdapat Majelis Bandaraya Kota Kinabalu, Mahkamah Tinggi Sabah, Taman kota yang ditumbuhi pohon yang indah, Pusat jajanan SeaFood dengan rasa dan harga yang pasti memuaskan anda,  pada malam hari tak jauh dari sini kita dapat menikmati pasar murah di Kampung Air atau menuju Komp. Singsuran diseberang jalan besar melihat ruko-ruko China dengan barang berkwalitas dan harga murah.

Sabah sebagai negeri Bagian Malaysia  memiliki Raja negeri bagian yang bermukim di Istana  diatas Gunung yang masih hijau di tengah kota, untuk menuju kesana melalui jalan masuk dari Pelataran Merdeka Sabah dekat Kampung air.    Di kaki bukit kecil ini juga terdapat Mesjid pertama di Kota Kinabalu yang awalnya merupakan sebuah Gereja kemudian oleh Muslim China Kota Kinabalu di beli dan dikuat kuasakan sebagai Mesjid (1970an)  ukurannya kecil.   Disini juga terdapat Terminal Kamp. Air serta berbagai hotel hingga Hotel Backpacker dengan harga sangat murah (Jalan Padang).

Jesselton Quay

Keasikan Shoping di Kota Kinabalu karena dalam setiap kawasan tadi dapat ditempuh dengan jalan kaki dengan situasi yang sejuk dan asri serta berpapasan dengan berbagai warga Negara asing seperti China (dominan), Kadazan, Melayu, Bajau, India, Philippana, Bugis, Timor yang sibuk berlalu lalang,  khusus warga China dengan penampilan cantik akan membuat anda serasa di Singapore.

Kota Kinabalu yang didirikan tahun 1882 oleh penguat kuasa British di Sabah Charles Jessel untuk mengembangkan usaha perdagangan mereka, sehingga kota tersebut awalnya bernama JESSELTON dengan penduduk awalnya suku Bajau dan disyahkan menjadi ibukota negeri bagian Sabah pada  02 February 2000 suatu kota negeri bagian yang sangat muda.     Jumlah penduduk Kota Kinabalu yang meliputi Inanam, Likas, Penampang dan Kota Kinabalu 2014 sebanyak 720.000 jiwa dengan keluasan 351 km2.     Pelaku utama bisnis disini di dominasi kaum China dan India serta pekerja banyak dilakoni warga Philippina dan Bugis yang datang sebagai Tenaga Kerja.

Penamaan Kota Kinabalu salah satu hikayatnya tak lepas dari Gunung Kinabalu yang terletak di sebelah timur dengan jarak sekitar 90 km, dengan ketinggian 4.375 meter dpl sebagai puncak kedua tertinggi di Asia tenggara dan telah ditetapkan kerajaan sebagai taman nasional.   Untuk keindahan alam Gunung Kinabalu atau Diver di area Laut China Selatan, Kota Kinabalu merupakan pintu terbaiknya dengan berbagai jasa  Travel yang tersedia.
byMuhBakrieNunukan.


Sabah negeri di bawah Bayu,
Metro di Pelataran Hutan tropis itulah Kota Kinabalu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HALIS MUHAMMAD NUR KERJA KERAS SUKSES SULAP PANTAI MASIRETE JADI TEMPAT USAHA WISATA

NusaNTaRa.Com     byLaCappotttA.         S   a   b   t   u,    2   7      A    p    r    i    l      2   0   2   4      Pantai Masirete yang...