Senin, 10 Juni 2024

AKTOR IKO UWAIS DARI PENCAK SILAT BETAWI MENJADI AKTOR LAGA INTERNASIONAL

NusaNTaRa.Com  

byBahrIHasupiaN,      M  i  n  g  g  u,    0    9      J    u    n    i      2   0   2   4              

Iko Uwais barengan aktor laga Internasional

Aktor Iko Uwais  sedang berada  di atas sebuah kapal besar di tengah lautan,  tampak sedang beradu fisik dengan Jason Statham, aktor asal Britania Raya,  mengenakan setelan hitam dengan jaket dan sepatu boots kulit senada, aksi bela diri Iko Uwais tampak cekatan melawan Statham yang berperan sebagai musuhnya.   Iko menunjukkan kemampuan bela dirinya mulai dari memukul, menendang  dan mendorong lawannya hingga terjatuh,   film itu tampak menampilkan sosok Iko  berkarakter tangguh yang tak terkalahkan.   "  Apa itu [kekuatan] terbesar yang kamu miliki  ?   ",  Cakap SiDin Iko Uwais  menutup aksinya.

Sepotong  cuplikan kisah laga Iko Uwais yang berperan sebagai Rahmat dalam film Expend4bles atau The Expendables 4  besutan sutradara  Scott Waugh yang mulai dirilis di bioskop  Indonesia per  22 September 2023,   dalam film ini  Iko hadir sebagai villain atau karakter antagonis utama.   Sang aktor berperan sebagai Rahmat, seorang mantan tentara yang menjadi pedagang senjata.   Rahmat adalah pemimpin pasukan swasta dalam jumlah anggota yang besar dan tak lain merupakan musuh utama dari The Expendable.

The Expendables 4 menjadi film pertama yang dibintangi Iko Uwais pada tahun 2023  setelah membintangi Fistful of Vengeance pada 2022,   Iko dalam dunia  aktingnya dikenal berkat kemampuan aktingnya yang mumpuni dalam membintangi film-film laga baik lokal maupun internasional.   Pria berusia 41 tahun itu boleh dibilang menjadi salah satu aktor Indonesia yang sering hadir dalam sejumlah proyek film Hollywood. Perannya dalam film internasional dimulai ketika membintangi film Star Wars  :  The Force Awakens (2015) garapan sutradara J.J. Abrams  dengan  berperan sebagai Razoo Qin-Fee.

Iko Uwais dalam dunia perfilem  sebagai aktor telah dimulai sejak 2009,  kala itu, pria kelahiran 12 Februari 1983 itu bermain dalam film Merantau dan berperan sebagai Yuda, seorang pemuda Minang yang memiliki kemampuan Silat Harimau. Film garapan sutradara asal Inggris Gareth Evans itu tayang di Puchon International Fantastic Film Festival (Festival Film Fantastik Internasional) di Puchon, Korea Selatan dan Fantastic Fest di Austin, Texas.

Lekat dengan Silat

Silat, bela diri dan laga adalah eksen  yang memang tampaknya sangat melekat pada profesi Iko Uwais sebagai aktor.   Kemampuannya itupun didapatkan dari proses latihan yang terbilang panjang. Lahir dan dibesarkan di lingkungan Betawi, membuat aktor pemilik nama asli Uwais Qorny itu memang telah belajar seni bela diri pencak silat khas Betawi di perguruan asuhan pamannya, Tiga Berantai, sejak 1993.  Bahkan di tahun 2005, dia menjadi pesilat terbaik dalam kategori demonstrasi pada Kejuaraan Silat Nasional,   Iko pernah mengukir prestasi  Juara III, Kejuaraan Daerah Antar Perguruan DKI Jakarta tahun 2003  dan Berpenampilan Terbaik Kategori Dewasa Tunggal pada Festival Pencak Silat Cibubur 2005

Iko Uwais pesilat Betawi sejak kecil

Selain menggeluti persilatan, Iko juga aktif bermain sepak bola. Dia sempat menjadi gelandang dalam Liga-B klub sepak bola Indonesia. Namun, impiannya menjadi bintang sepak bola terhenti setelah klub yang menaunginya bangkrut.   Keterampilan silatnya itulah yang justru telah memberinya kesempatan untuk bepergian ke luar negeri dalam beberapa peragaan pencak silat di Inggris, Rusia, Laos, Kamboja, dan Prancis.

Adalah Gareth Evans sutradara film Wales tahun  2007,  yang menemukan bakat silat Iko  yang sedang melaksanakan proses syuting untuk sebuah film dokumenter tentang  silat di sekolah  silat Iko.  Karisma alami Iko yang besar di depan kamera mendorong Evans untuk menjadikan dia sebagai pemeran utama untuk film seni bela diri pertamanya, Merantau.   Setelah menandatangani kontrak lima tahun dengan Gareth Evans dan perusahaan produksinya, Iko mengundurkan diri dari pekerjaan kesehariannya  sopir di sebuah perusahaan telekomunikasi.  Sejak film pertamanya, Iko mantap  berkarier di dunia seni peran sposial  film-film laga.

“The Rais” rilis 2012 mendadi kolaborasi kedua Iko dengan Evans  dan Film ini semakin melambungkan nama Iko ke kancah perfilman dunia setelah mendapatkan pujian kritis dari para kritikus dan penonton di berbagai festival.   Kala itu, film yang memiliki judul internasional The Raid :  Redemption itu dinilai sebagai salah satu film seni bela diri terbaik setelah periode bertahun-tahun.   Selain menjadi pemain, dalam film ini Iko juga berperan sebagai koreografer bersama rekan sesama aktor sekaligus pesilat, Yayan Ruhian  kemudian setahun berselang, sekuel film itu dirilis dengan judul The Raid 2  :   Berandal pada 2013  merupakan proyek kolaborasi ketiga Iko bersama Gareth.

Sejumlah film dan serial laga lain juga telah dibintangi Iko baik lokal maupun internasional diantaranya Snake Eyes (2021),  Stuber (2019),  Triple Threat (2019),  Wu Assassins (2019),  Mile 22 (2018),  The Night Comes For Us (2018),  Beyond Skyline (2017),  Headshot (2016),  Terminator from Java (2014) dan Man of Tai Chi (2013).   Pencintanya juga bisa menyaksikan penampilan Iko kembali dalam film laga terbarunya yakni The Expendables,  yang  beradu akting dengan sejumlah aktor Hollywood kenamaan seperti Sylvester Stallone, Randy Couture, Jason Statham, dan Dolph Lundgren.

The Expendables 4 akan kembali menampilkan cerita pertarungan menegangkan yang digawangi oleh tim The Expendable.   Tentara bayaran elite tersebut akan berhadapan dengan sekelompok penjahat yang dipimpin oleh seorang mantan tentara yang menjadi pedagang senjata.   Dia memiliki pasukan pribadi yang tak kalah saing dengan tentara bayaran The Expendable. Kelompok tentara bayaran terkemuka itu kali ini akan terlibat dalam konspirasi antara Rusia dan Amerika Serikat.   Konspirasi itu akan memicu konflik nuklir antara dua negara tersebut hingga berpotensi pecahnya Perang Dunia III.

Dengan berbekal  senjata dan keterampilan para anggotanya punya, The Expendable akan menjadi benteng terakhir yang bertanggung jawab menyelamatkan dunia dari kalangan perusuh dan pengganggu ketika tidak ada opsi lain.   Namun, di tengah mereka juga akan dihadirkan anggota tim baru dengan gaya dan taktik baru yang kompetitip dan akan semakin mempersengit pertarungan.

Iko Uwais membintangi Film "THE RAID" produksi hollywood

 

Iko Uwais actor Laga Internasional dari Betawi.

Sejak kecil telah menguasai bela diri Silat Betawi.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RHOMA IRAMA MUSISI RAJA DANGDUT POPULER DENGAN OM SONETA

  NusaNTaRa.Com           byBasruLDatUMabusunG,           M   i   n   g   g   u,     2    3       J     u     n     i       2    0    2   ...