Minggu, 09 Juni 2024

FILM SOLATA SELESAIKAN PENGAMBILAN GAMBAR PRE-TEASER DI OLLON - TORAJA

NusaNTaRa.Com  

byDannYAsmorO,         S   a   b   t   u,    0    8       J    u    n    i       2    0    2    4

Kisah Pengabdian guru dan murid-murid jauh di pelosok

Rumah produksi SINEMA PERSADA  akan kembali memproduksi film panjang kedua mereka. Berjudul Solata (Teman Adalah Keluarga Yang Kita Pilih), film ini akan mulai melakukan casting anak-anak asli Toraja dan sekitarnya  pada awal Juni mendatang.   Film  SOLATA  (Teman adalah keluarga yang kita pilih),  sejak diumumkan secara resmi di awal Mei 2024 tentang renaca pembuatannya,  hingga kini masih  terus melakukan sejumlah aktifitas.  Yang terbaru tim kecil pembuatan film ini dari Jakarta, Surabaya, Makassar, Enrekang dan Palopo telah bergabung untuk melakukan riset, pencarian lokasi sekaligus pengambilan gambar pre-teaser di  Ollon, Toraja.

Selama periode 28 – 31 Mei 2024, tim yang dikomandoi sutradara/produser, Ichwan Persada, melakukan perjalanan panjang dari Makassar ke Makale menempuh jarak 320 kilometer lantas disambung  dengan perjalanan dari Makale ke  Ollon yang menempuh jarak sekitar 40 kilometer. Namun untuk menempuh Ollon ternyata tak semudah yang dibayangkan.   Jalur perjalanan super ekstrim membuat 2 mobil yang membawa tim mengalami kerusakan kecil dalam perjalanan,  Ichwan sendiri mengaku sempat merasa menyesal memaksa melakukan syuting di Ollon.

  Saat naik menuju Ollon, sepanjang jalan saya mengutuk diri sendiri. Kenapa saya harus menyusahkan diri sendiri menempuh perjalanan seekstrim ini? Namun sampai di Ollon, semua pandangan saya berubah karena di sana kami mendapati lansekap mengagumkan ditambah dengan keramahan penduduk yang menyambut kami dengan baik  “,  Ucap  jelas Ichwan.    Ichwan mengaku belum pernah ke lokasi di Indonesia secantik Ollon.   Ia tak habis mengagumi Ollon yang dari sudut manapun tetap luar biasa.     Di Ollon itu kamera mau diarahkan ke mana pun tetap akan dapat lansekap cantik. Medannya memang luar biasa berat, kami juga tinggal di rumah penduduk yang seadanya namun banyak hal yang membuat kami langsung mencintai Ollon  “,  Cakap Ichwan Laji. 

Proses pengambilan gambar pre-teaser SOLATA [Teman Adalah Keluarga Yang Kita Pilih] cuma berlangsung selama 1 hari di Ollon dan melibatkan 6 orang talent lokal dari Makale.   Ichwan bilang baru kali ini di film produksinya ia melakukan pendekatan tersebut untuk memperkenalkan filmnya sejak awal.   Pre-teaser (gambar pendek, impresionistik, video promosi, atau spot audio yang mengungkapkan secara singkat tentang produk yang direncaakan),  dan  ini rencananya akan diputar perdana bersamaan dengan pengumuman pemeran utama yang akan dilangsungkan awal Juli mendatang di Jakarta.

Solata Guru Pengabdian di daerah pelosok

Solata (Teman Adalah Keluarga Yang Kita pilih) sendiri merupakan sebuah film keluarga yang mengedepankan isu pendidikan dan anak,  film ini nantinya berkisan tentang  “Angkasa”,    Sang Relawan ini dari Jakarta yang menjadi guru di Kelas Jauh di pedalaman Toraja.  Di sana Angkasa bertemu dengan enam murid dengan nama-nama unik yang mirip dengan nama-nama Presiden RI.   Ide ceritanya sendiri sudah berwujud sebagai sinopsis lebih dari 10 tahun lalu, sebelum akhirnya dimatangkan kembali oleh Ichwan Persada selaku sutradara sekaligus produser pada akhir Desember 2022.    muridnya dari Kelas Skenario ISP, Arai Amelya, Ichwan pun memulai proses penulisan skenario pada Mei 2023.

Begitupun selama beberapa hari terakhir proses di balik pengambilan gambar pre-teaser film SOLATA [Teman Adalah Keluarga Yang Kita Pilih] sudah beredar di social media. Sejumlah media memuji lokasi Ollon dan menggambarkan keingintahuan mereka akan film ini kelak.  Akun Instagram Forum Toraja menulis caption  “Bakal Keren Film Ini”  saat menampilkan behind the scene pengambilan gambar pre-teaser film SOLATA tersebut. di Olloan dan diharapkan akan menambah kekayaan dunia film Indonesia Sulawesi Selatan khususunya.  

Dalam press gathering Kick-Off film Solata (Teman Adalah Keluarga Yang Kita pilih), sejumlah pemerhati pendidikan turut dihadirkan,  diantaranya, Guru Gembul dan anggota DPD RI sekaligus tokoh masyarakat Toraja, seperti  Ibu Lily Salurapa.    Selain membahas film, perbincangan menarik juga terjadi dalam acara ini untuk menyikapi bagaimana pemerataan pendidikan di negeri ini yang masih jauh dari harapan, serta banyaknya anak-anak usia sekolah dasar yang masih kesulitan mengakses pendidikan. 

Syuting film SOLATA [Teman Adalah Keluarga Yang Kita Pilih] diperkirakan akan berlangsung pada minggu ke-3 Juli 2024.   Bakal ada 2 pemeran utama dari Jakarta yang akan beradu akting dengan beberapa pemain dari Makassar. Sementara 6 orang pemeran anak sepenuhnya akan menggunakan talenta lokal dari Makale/Toraja.

Tim saat Pre-Teaser lokasi shoting


Solata, Teman adalah keluarga yang kita pilih.

Sebuah Film berkisah Pengabdian guru di tempat jauh.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EKSPEDISI PULAU BERHALA BERSAMA MITRATEL, JOGO KEDAULATAN RAKYAT

NusaNTaRa.Com byTarmidIKapundjeN,         J  u  m  a  t,    1   6      A   g   u    s   t   u   s      2   0   2   4   Theodorus Ardi Hartok...