NusaNTaRa.Com
byBambanGBiunG, R a b u 2 8 A p r i l 2 0 2 1
Berbagai inovasi berbasis teknologi diciptakan untuk
memudaahkan dalam tugas manusia, sebagaimana yang di hadirkan Wali Kota
Semarang, Hendrar Prihadi dalam upaya
meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Dengan menggandeng Universitas
Diponegoro, Pemkot Semarang menghadirkan atau menciptakan sebuah Robot yang
bertugas sebagai greeter atau penerima tamu yang datang ke Balai Kota Semarang.
" Jadi masyarakat jangan kaget ketika nanti datang ke Balai Kota ada robot yang menyambut. Inilah komitmen kita dalam rangka mewujudkan konsep Semarang Smart City ", Ujar SiDin Hendi, sapaan akrab wali kota saat melakukan uji coba pengoperasian robot di kantornya, Senin (26/4/2021). Sebelumnya Hendi juga telah menggunakan teknologi robot untuk mengurangi kontak fisik antara warga dan pegawai di kantor dinas untuk menekan resiko penularan Covid-19.
Robot tersebut nantinya akan bertugas untuk memandu atau
mengarahkan setiap tamu yang datang ke
Balai Kota. Robot kemudian akan melakukan perekaman
terhadap semua data person yang datang, Mulai dari data tamu, keperluan tamu dan
data-data lain yang kesemuanya menggantikan cara-cara konvensional dalam
melayani tamu yang menggunakan petugas khusus.
Saat ini terdapat dua robot yang telah dipermak menjadi sosok Denok dan Kenang. Pengoperasian dua robot tersebut merupakan hasil
kerjasama dengan Universitas Diponegoro (Undip) dimana telah dilakukan
penandatanganan Komitmen Bersama Antara Pemkot Semarang dengan Undip Tentang
Dukungan Penelitian dan Pengembangan Teknologi dalam Rangka Penanganan Pandemi
Covid 19 di Kota Semarang pada tahun 2020 lalu.
'' Harapannya hasil
kerja sama penelitian antara Pemkot Semarang dengan Undip baik robot untuk
pelayanan masyarakat yang ditempatkan di Balai Kota, Perpustakaan Daerah,
Pelayanan Terpadu Satu Pintu kota Semarang
", Ujar SiDin Hendrar Prihadi dengan Soppenger (Jumawa). Hendi sebelumnya juga telah menerapkan penggunaan
teknologi robot untuk mengurangi kontak
fisik antara warga dan pegawai di kantor dinas
guna dapat menekan resiko
penularan Covid-1 di area pekerjaan.
'' Harapannya hasil kerja sama penelitian antara Pemkot Semarang dengan Undip baik robot untuk pelayanan masyarakat yang ditempatkan di Balai Kota, Perpustakaan Daerah, Pelayanan Terpadu Satu Pintu kota Semarang ", Ujar SiDin Hendi Laji. Harapan lainne, dapat membantu percepatan penanganaan pandemi Covid di kota Semarang untuk jangka pendeknya dan untuk jangka panjangnya akan mempercepat pengembangan Program Semarang Smart city.
Saat ini terdapat dua robot yang telah dipermak menjadi
sosok denok dan kenang. Pengoperasian dua robot tersebut merupakan hasil
kerjasama dengan Universitas Diponegoro (Undip) dimana telah dilakukan
penandatanganan Komitmen Bersama Antara Pemkot Semarang dengan Undip Tentang
Dukungan Penelitian dan Pengembangan Teknologi dalam Rangka Penanganan Pandemi
Covid 19 di Kota Semarang pada tahun 2020 lalu.
'' Intinya Smart city hadir memberikan pelayanan menggunakan teknologi terkini dan membangun infrastruktur yang pintar. Harapannya dapat memberikan pelayanan yang efektif kepada seluruh masyarakat yang tinggal di kota Semarang '', Ujar SiDin Hendi.
Masuk Taman Ria lewat Pintu,
BalaiKota Semarang hadirkan Robot pelayan Tamu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar