NusaNTaRa.Com
byMuhammaDNunukaN, S
e l a
s a 0
4 M e i 2 0 2 1
Pemerintah dalam
merealisasikan proyek pembangunan Jembatan Batam-Bintan yang akan
menjadi jembatan terpanjang di Indonesia, tampaknya semakin nyata hal ini setelah Pemerintah Pusat sudah siap
untuk menggelontorkan dana senilai Rp 3,4
trilliun. Selain itu, guna mewujudkan
proyek pembangunan yang maksimal. Maka, janji pemerintah terkait pembangunan
dalam praktiknya juga telah melewati serangkaian kegiatan penting beberapa
tahun terakhir. Mulai dari kegiatan mengkaji desain hingga pembahasan anggaran
pembangunan.
Menteri Perencanaan
Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional,
Suharso Monoarfa, mengatakan, Jembatan Batam-Bintan digadang-gadang akan
rampung sebelum tahun 2024. Sementara proses pembangunannya dimulai paling
cepat tahun ini. “ Masih berproses. Target kami tahun 2021 atau
2022 sudah mulai dibangun ”, Ujar SiDin Suharso Monoarfa, Sabtu (24/04/2021).
Desain Jembatan Batam-Bintan di Kepulauan Riau sudah terlebih dahulu dibuat oleh Pemerintah Provinsi setempat pada 2005, akan tetapi pada tahun 2010 desain bangunan jembatan kembali. Pembaharuan jembatan misalnya saja dapat terlihat dari segi ukuran, dimana telah terjadi penyesuaian lebar jembatan yang mula-mula 28 meter kini diperbaharui menjadi 33 meter. Total panjang lintasan yang akan dilewati pengendara, yakni sepanjang 7.000 meter dengan rincian, tujuan Batam-Tanjung Sauh sepanjang 2.000 meter dan Tanjung Sauh-Bintan sepanjang 5.000 meter.
Menurut Direktur
Pembangunan Jembatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR,
Yudha Handita Pandjiriawan, pelebaran
jembatan dimaksudkan untuk menyesuaikan standar desain pembangunan yang berbentuk
jembatan tol. Kosekuensi dari standar
tersebut bagi pengguna jembatan yang diperkirakan sekitar 7.000 kendaraan (menurut Gubernur Kepulauan Riau) yang melintasi jembatan Batam-Bintan akan dikenakan tarif.
Sehingga urutan terpanjang di Indonesia akan menjadi,
Jembatan Batam – Bintan sepanjang 7 km
pertama, Jembatan Suramadu sepanjang
5,4 km urutan kedua, jembatan
urutan ketiga Jembatan Dompak sepanjang
1,5 Km dan Jembatan Tayan yang menghubungkan Kalimantan
Tengah - Kalimantan Barat sepanjang
1,44 km urutan ko ompat.
Memiliki panjang 7.000
meter atau 7 km, Jembatan Batam-Bintan digadang-gadang akan menjadi jembatan
terpanjang di Indonesia menyalip Suramadu © Kementerian PUPRinfo, pasalnya, total panjang Jembatan Suramadu
yang melintasi Selat Madura tersebut hanya 5.438 meter (5,4 km), dibandingkan
Jembatan Batam-Bintan yang bakal memiliki panjang 7.000 meter (7 km). Hal ini turut ditegaskan oleh Kementerian Pekerjaan
Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, bahwa pembangunan
Jembatan Batam-Bintan dengan standar jalan tol akan membentang sepanjang 7.000
meter di atas permukaan laut dan akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.
Proyek pembangunan Jembatan Batam-Bintan dibangun dengan skema
Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU),
meski pemerintah pusat telah
menyiapkan anggaran sebesar Rp
3,4 trilliun. Diharapkan melalui skema kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU)
diharapkan menjadi sarana terbaik untuk mewujudkan pembangunan suatu wilayah atau
daerah dengan tanpa membebani anggaran negara. Progres terkait pembiayaan pembangunan skema
KPBU masih dalam tahap finalisasi pembahasan ungkap Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.
" Pembiayaan pembangunan infastruktur dengan
skema KPBU memiliki keunggulan dibandingkan dengan APBN, di antaranya adalah
bagi swasta memiliki kepastian pengembalian (investasi) plus keuntungan.
Sementara itu, keuntungan pemerintah proyeknya banyak yang mengawasi sehingga
tercipta tertib admininistrasi dan tertib teknis untuk melayani masyarakat
lebih baik ", Ujar SiDin Basuki Hadimuljono (26/04/2021).
Pembangunan jembatan ini juga diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi wilayah serta meningkatkan konektivitas di wilayah Kepulauan Riau, dengan mengurangi waktu tempuh dan juga biaya transportasi orang dan barang.
Berperahu menikmati
perjalanan ke P Bintan,
Jembatan terpanjang di
Indonesia Jembatan P
Batam – P Bintan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar