Kamis, 20 Mei 2021

PEMBANGUNAN JEMBATAN BATAM – BINTAN TERPANJANG DI INDONESIA DENGAN POLA KPBU.

NusaNTaRa.Com

byMuhammaDNunukaN,           S  e  l  a  s  a     0  4        M      e      i          2   0   2   1

Pemerintah dalam merealisasikan proyek pembangunan Jembatan Batam-Bintan  yang akan  menjadi jembatan terpanjang di Indonesia,   tampaknya semakin nyata  hal ini setelah Pemerintah Pusat sudah siap untuk menggelontorkan dana  senilai  Rp  3,4 trilliun.   Selain itu, guna mewujudkan proyek pembangunan yang maksimal. Maka, janji pemerintah terkait pembangunan dalam praktiknya juga telah melewati serangkaian kegiatan penting beberapa tahun terakhir. Mulai dari kegiatan mengkaji desain hingga pembahasan anggaran pembangunan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa, mengatakan, Jembatan Batam-Bintan digadang-gadang akan rampung sebelum tahun 2024. Sementara proses pembangunannya dimulai paling cepat tahun ini.     Masih berproses. Target kami tahun 2021 atau 2022 sudah mulai dibangun  ”,   Ujar SiDin Suharso Monoarfa,  Sabtu (24/04/2021).

Desain Jembatan Batam-Bintan di Kepulauan Riau sudah terlebih dahulu dibuat oleh Pemerintah Provinsi setempat pada 2005,  akan tetapi pada  tahun 2010 desain  bangunan jembatan kembali.   Pembaharuan jembatan misalnya saja dapat terlihat dari segi ukuran, dimana telah terjadi penyesuaian lebar jembatan yang mula-mula 28 meter kini diperbaharui menjadi 33 meter.   Total panjang lintasan yang akan dilewati pengendara, yakni sepanjang 7.000 meter  dengan  rincian,  tujuan Batam-Tanjung Sauh sepanjang 2.000 meter dan  Tanjung Sauh-Bintan sepanjang 5.000 meter.    

Menurut Direktur Pembangunan Jembatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Yudha Handita Pandjiriawan,   pelebaran jembatan dimaksudkan untuk menyesuaikan standar desain pembangunan yang berbentuk jembatan tol.   Kosekuensi dari standar tersebut  bagi  pengguna jembatan  yang diperkirakan  sekitar 7.000 kendaraan (menurut  Gubernur Kepulauan Riau)  yang melintasi jembatan Batam-Bintan akan  dikenakan tarif.

Sehingga  urutan terpanjang di Indonesia  akan menjadi,  Jembatan  Batam – Bintan sepanjang   7 km  pertama,  Jembatan Suramadu  sepanjang    5,4 km  urutan kedua,   jembatan  urutan  ketiga   Jembatan Dompak  sepanjang  1,5 Km  dan   Jembatan Tayan yang menghubungkan Kalimantan Tengah -  Kalimantan Barat  sepanjang  1,44 km  urutan ko ompat. 

Memiliki panjang 7.000 meter atau 7 km, Jembatan Batam-Bintan digadang-gadang akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia menyalip Suramadu © Kementerian PUPRinfo,   pasalnya, total panjang Jembatan Suramadu yang melintasi Selat Madura tersebut hanya 5.438 meter (5,4 km), dibandingkan Jembatan Batam-Bintan yang bakal memiliki panjang 7.000 meter (7 km).   Hal ini  turut ditegaskan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, bahwa pembangunan Jembatan Batam-Bintan dengan standar jalan tol akan membentang sepanjang 7.000 meter di atas permukaan laut dan akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Proyek pembangunan  Jembatan Batam-Bintan dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU),   meski pemerintah pusat telah menyiapkan  anggaran sebesar  Rp  3,4  trilliun.    Diharapkan melalui skema kerjasama   Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) diharapkan menjadi sarana terbaik untuk mewujudkan pembangunan suatu wilayah atau daerah dengan tanpa membebani anggaran negara.      Progres terkait pembiayaan pembangunan skema KPBU masih  dalam tahap finalisasi pembahasan  ungkap  Ditjen  Bina Marga Kementerian PUPR.

"   Pembiayaan pembangunan infastruktur dengan skema KPBU memiliki keunggulan dibandingkan dengan APBN, di antaranya adalah bagi swasta memiliki kepastian pengembalian (investasi) plus keuntungan. Sementara itu, keuntungan pemerintah proyeknya banyak yang mengawasi sehingga tercipta tertib admininistrasi dan tertib teknis untuk melayani masyarakat lebih baik   ",   Ujar SiDin Basuki Hadimuljono  (26/04/2021).

Pembangunan jembatan ini juga diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi wilayah serta meningkatkan konektivitas di wilayah Kepulauan Riau, dengan mengurangi waktu tempuh dan juga biaya transportasi orang dan barang.

Berperahu menikmati perjalanan ke P Bintan,

Jembatan terpanjang di Indonesia  Jembatan  P  Batam – P Bintan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LIMA PEMBUANGAN SAMPAH TERBESAR DI DUNIA, ADA BANTAR GEBANG !!

NusaNTaRa.Com       byBatiSKambinG,        R   a   b   u,    2   0      N   o   p   e   m   b   e   r      2   0   2  4     Tempat Pengelola...