Kamis, 02 Mei 2024

TEDDY SUJADI DRUMMER GODBLESS DENGAN KARYANYA TUA-TUA KELADI DI POPULERKAN ANGGUN C SASMI

NusaNTaRa.Com  

byAsnISamandaK,          S   a   b   t   u,    0   6      A   p   r   i   l      2   0   2   4

Ian Antono dan Teddy Sujadi bersama keluarga

Pernahkah anda mendengar lagu  Mimpi, tua -tua keladi, bayang - bayang ilusi yang dibawakan Anggun C. Sasmi ?,  Tua – tua Keladi yang di bawakan Anggun C sasmi mencapai kejayaannya di tahun 1990 dan Lagu Mimpi mencapai puncaknya tahun 1989.   Untuk lagu lagu Tua – tua mungkin kurang yang tahu siapa penciptanya  ?  dan  inilah orang di balik lagu itu  yaitu  Teddy Sujadi atau nama lahirnya Phoa Teng Hay (70), personel Godbless yang dulunya menjadi penggebuk  khas  drummer .

Teddy Sujaya  kelahiran  Jakarta,   13 Juni 1954  adalah seorang drummer rock Indonesia, merupakan mantan drummer band rock legendaris Indonesia, God Bless.   Teddy mulai bermain drum sejak usia 10 tahun,   mulai dari  band Venus, Etika Nada, Flotilla (band Angkatan Laut), lalu sempat masuk Bharata Band sebelum ditarik Ian Antono ke band Bentoel (Malang).   Pada  Tahun 1975, Teddy  Sujaya  ganti mengajak  gitaris  kawakan  Ian Antono masuk God Bless.

Sosok Teddy Sujaya sebenarnya bagian dari 50 tahun perjalanan karir Godbless, legenda rock Indonesia,  ia berkontribusi terutama besar  dalam  pembuatan album-album Godbless, sejak tahun 1975.    Teddy  Sujaya  juga seorang Hitmaker yang melahirkan berbagai musisi rock mengisi suasana music di Indonesia,  salah satunya lady rocker Anggun C. Sasmi, Conny Dio dan sebagainya.

Beberapa lagu ciptaan Teddy  Sujaya  adalah  : 

Ahmad Albar - "Bis Kota" (Teddy Sujaya - Pamungkas NM),   Ahmad Albar - "Pengangguran" (Teddy Sujaya - Tantowi),   Anggun C. Sasmi - Mimpi (Teddy S - Pamungkas NM),   Anggun C. Sasmi - Tua Tua Keladi (Teddy S - Pamungkas NM),   Anggun C. Sasmi - Gaya Remaja (Teddy S - Mauli G - Narashima),   Kathy and The Galatians - "Cinta Setengah Mati" (Teddy S - Herijal)

Teddy  Sujadi turut berkontribusi dalam perjalanan  God Bless khususnya dalam  pembuatan album-album berikut  :   God Bless (1975),  Cermin (1980),  Semut Hitam (1987),  Raksasa (1989)  dan  Apa Kabar (1997).    Bersama God Bless, mereka berhasil menelurkan lagu-lagu rock yang tetap dikenang sampai saat ini seperti Semut Hitam, Kehidupan, Rumah Kita, Musisi, Bla..Bla..Bla.., dan Huma di Atas Bukit. Permainan drumnya yang dinamis bersama God Bless pada album Cermin dan khususnya pada lagu Musisi mungkin merupakan atraksi drum rekaman rock terbaik di Indonesia sampai saat ini.[2]

Teddy  Sujadi  seorang penulis lagu yang handal sehingga beberapa lagunya terutama Mimpi (Anggun C. Sasmi) masih popular sejak 1989 sampai sekarang  sehingga  Anggun Sasmi  sempat back tampil menyanyikan ulang lagu Mimpi pada konser emas 50 tahun Godbless di GBK Senayan tahun lalu.     Saya sudah nggak komunikasi lagi dengan Anggun. Waktu dia tampil di GBK (konser emas), dia sempat tanya Donny Fatah (pemain bas Godbless) mengenai kondisi saya. tapi karena info yang didapat, saya masih sakit, ia tidak kasih kabar lagi  ”,  Ujar SiDin Teddy Sujadi yang didampingi Sim Siaw Yin saat diwawancara Redaksi.

  Saya sudah agak lupa terutama judul-judul. Kalau penyanyi, saya masih ingat. Tiga lagu ciptaan saya untuk Anggun; Mimpi, Tua-Tua Keladi dan Bayang-Bayang Ilusi. Kalau Conny Dio dan Anggun, suaranya bagus khas lady rocker  ”,  Ujar SiDin Teddy  Sujadi  melanjutkan.   Kendati ia sudah tidak aktif lagi bermain music, terutama menabuh drum, ia masih mengikuti trend music Indonesia.    Ia mulai bermain drum semenjak usia 10 tahun. Dari mulai band Venus, Etika Nada, Flotilla (band Angkatan Laut), lalu sempat masuk Bharata Band sebelum ditarik Ian Antono ke band Bentoel (Malang).

Kemudian di tahun 1975, Teddy Sujadi ganti mengajak Ian Antono masuk  Godbless band.   Karirnya semakin moncer ketika berhasil menelurkan lagu-lagu rock dan  dikenang sampai saat ini seperti Semut Hitam, Kehidupan, Rumah Kita, Musisi, Bla..Bla..Bla.., dan Huma di Atas Bukit.    Permainan drum yang dinamis bersama God Bless pada album Cermin dan khususnya pada lagu Musisi mungkin merupakan atraksi drum rekaman rock terbaik di Indonesia sampai sekarang.    

  Walaupun seperti ini (kondisi kesehatan menurun), saya begini saja. Kadang saya latihan (therapy). Karena begini (kondisi kesehatan), saya tidak bisa bikin lagu seperti dulu lagi.  Kalau dulu, masih muda, saya menikmati bikin lagu.   Bermain drum, gitar, keyboard di rumah saya di Gang Losufan Mangga Besar. Keluarga saya juga pemain music, sehingga menurun ke saya  ”,  Ujar SiDin Teddy Sujadi  yang sekarang punya dua cucu.    dan   "  Saya lahir di Mangga Besar. waktu masih muda, saya sering ke rumah Hendra Lie (Jl. Pintu Kecil, daerah pecinan Glodok)  ”,   Ujar SiDin Teddy Sujadi dengan Plabomoranya  (Hebatnya),  kini ia selalu didampingi Sim Siaw Yin di setiap kegiatan Godbless dari awal.

Teddy Sujadi  Drummer  GODBLESS


LegendS Drummer Godbless kondang Teddy  Sujadi.

Bukan Cuma Drummer,  Tua tua Keladi lagu karya Teddy Sujadi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RHOMA IRAMA MUSISI RAJA DANGDUT POPULER DENGAN OM SONETA

  NusaNTaRa.Com           byBasruLDatUMabusunG,           M   i   n   g   g   u,     2    3       J     u     n     i       2    0    2   ...