Jumat, 31 Mei 2024

KEMENPAREKRAF DUKUNG PAGELARAN SEBA BADUY DI BANTEN, BERLANGSUNG HIKMAT DAN MERIAH

NusaNTaRa.Com  

byLaSikUAgaY,        S   e   l   a   s   a,    2    8       M      e      i       2   0   2   4

Kegiatan "Seba Baduy"  telah dilaksanakan pada 16-19 Mei 2024 di Alun-alun
Rangkasbitung Kab. Lebak, [rovinsi Banten.
  


Kementerian Pariwisata ekonomi kreatif  pemerintah kabupaten lebak pemerintah provinsi banten sukses menggelar seba baduy masuk Karisma Event Nusantara (KEN) 2024,   event yang tahun ini mengusung tema  “the legacy of baduy”  dilaksanakan 16-19 mei 2024 di alun - alun rangkasbitung kab lebak provinsi Banten.     Seba baduy merupakan kegiatan upacara ritual adat,  di dalamnya dilaksanakan kegiatan menyerahkan hasil bumi  dan  menjalin silaturahmi masyarakat warga baduy kepada Pemerintah Kabupaten Lebak Pemerintah Provinsi Banten  sebagai wujud syukur selama setahun mendapatkan  kelimpahan hasil pertanian ladang.     

1. Diisi beragam kegiatan menarik dan bermakna

Kegiatan Seba Badui di dukung Kemenparekraf ini,  berlangsung selama empat hari,  Seba Baduy diisi dengan beragam acara menarik dan penuh makna. Seba Baduy dimulai dengan pembukaan camping ground, pameran ekonomi kreatif, perlombaan permainan tradisional, dan pertunjukan Kesenian tradisional  Beluk Saman.   Pada hari kedua, digelar Bincang Budaya Baduy dengan “Tema Pariwisata” dan “Tema Budaya”. Lalu, ada pula iring-iringan rombongan Baduy yang tiba dari Jembatan Keong menuju ke kantor Pemda Lebak, dan ditutup makan malam bersama masyarakat Baduy.

Di hari ketiga, Bincang Budaya Baduy dengan “Tema Pariwisata” dan acara puncak prosesi ritual Seba Baduy.  Pada puncak acara, Seba Baduy dimeriahkan dengan lomba fashion designer,  pameran ekonomi kreatif, pengumuman pemenang lomba-lomba, wayang golek, serta penampilan hiburan oleh komunitas dan guest star lokal.  Antusiasme masyarakat berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan event dimana  pelaku ekraf terlibat 50 pelaku 12 komunitas pelaku seni camping ground fashion designer city tour pengujung mencapai 35200 orang.   

Sekda Kab. Lebak, Budi Santoso, menyampaikan, kegiatan Seba Baduy ini tidak hanya sebuah ritual. "   Namun, juga  merupakan ajang  silahturahmi antara masyarakat Baduy dan Pemerintah Kabupaten Lebak maupun Pemerintah Provinsi Banten  ",   Ujar SiDin Budi Santoso dengan Ahmadernya (Manisnya).   Budi meminta kepada masyarakat Kabupaten Lebak terutama di Kota Rangkasbitung agar dapat menyambut baik kehadiran masyarakat Baduy yang merupakan bagian dari Kabupaten Lebak.                                                

2. Disambut antusiasme warga setempat

Tampak antusiasme masyarakat setempat untuk berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan event. Jumlah pelaku ekraf yang terlibat sebanyak 50 pelaku dan 12 komunitas terdiri dari pelaku seni, camping ground, fashion designer, dan city tour. Sedangkan, jumlah pengujung kurang lebih mencapai 35.200 orang.    Masih di Puncak Acara Seba Baduy, diadakan penyerahan Piagam KEN oleh Direktur Event Daerah kepada Pj. Bupati Lebak. Selain itu, digelar pula dialog bersama masyarakat Baduy dengan unsur pemerintah, serta dimeriahkan dengan acara hiburan Wayang Golek. 

Sambutannya  pj bupati lebak iwan kurniawan tradisi seba baduy harus  dilestarikan mengandung makna memperkuat persatuan masyarakat – pemerintah,   Iwan Kurniawan  mengajak masyarakat melindungi menjaga alam pembangunan agar berjalan harmonis dengan lingkungan,  menarik minat dan meningkatkan angka kunjungan wisatawan  dan  panitia dinas tour operator lokal berkolaborasi paket wisata camping ground walking city tour seba baduy sehingga dapat berjalan keren.

3. Tradisi Seba Baduy harus dilestarikan

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Lebak Iwan Kurniawan menyampaikan bahwa tradisi Seba Baduy harus dilestarikan karena mengandung makna untuk memperkuat persatuan antara masyarakat dan pemerintah. Iwan juga mengajak seluruh masyarakat untuk melindungi dan menjaga alam agar pembangunan dapat berjalan harmonis dengan lingkungan.   Untuk lebih menarik minat dan meningkatkan angka kunjungan wisatawan, selanjutnya panitia, dinas, dan tour operator lokal akan berkolaborasi membuat paket wisata berupa camping ground dan walking city tour Seba Baduy.

   Beragam pertunjukan digelar memeriahkan  "Seba Baduy". 


Suku Baduy tinggal dekat Bandara Raya tapi bertradisi.  

Seba Baduy acara adat mengakrabkan masyarakat  Pemerintah bertradisi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EKSPEDISI PULAU BERHALA BERSAMA MITRATEL, JOGO KEDAULATAN RAKYAT

NusaNTaRa.Com byTarmidIKapundjeN,         J  u  m  a  t,    1   6      A   g   u    s   t   u   s      2   0   2   4   Theodorus Ardi Hartok...