Jumat, 17 Mei 2024

KEINDAHAN TINALAPU PULAU KECIL DI TELUK TOMINI

NusaNTaRa.Com

byBakuINunukaN,        K    a   m   i   s,      1   5      J     u     n     i      2    0    2    3

 

Pulau Tinalapu ditengah Teluk Tomini yang eksotik cakap PkLandunGSI

Pulau  Tinalapu adalah surga terpencil dan tersembunyi di tengah samudra yang memukau dengan keindahan alamnya yang tiada tara. Pulau ini terletak di tengah-tengah lautan yang biru, dikelilingi oleh pantai pasir putih yang halus dan air laut yang jernih.   Ketika matahari terbit, pantulan cahaya di permukaan air menciptakan panorama yang memukau  serta dapat menikmati dengan  bersih panorama matahari terbit atau tenggelam di cakrawala, seperti lukisan alam yang hidup.

Pulau kecil nan cantik ini tak berpenghuni, terletak diseputaran di Teluk Tomini, tidak jauh dari kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.  Namun Pulau ini belum terkenal di kalangan traveler  sehingga  panoramanya masih sangat asli dan  terbilang gersang karena hanya ditumbuhi beberapa pohon pinus.   Tapi Pesona pasirnya putih, airnya jernih  dan bening transparan seperti kaca.  Luasnya seperempat lapangan sepakbola. Anda bisa mengelilinginya hanya lima menit dengan berjalan kaki.

"  Tinalapu adalah pulau kecil nan cantik di Teluk Tomini. Tidak jauh dari kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi. Pulau ini tak berpenghuni, dengan hamparan pasir putih dan pemandangan bawah lautnya yang sangat indah  ",   Ujar Tulisan Instagram @Indoflashlight, Senin (19/6/2023).

Eksotika Pulau Tinalapu dikelilingi deretan terumbu karang yang indah, pasir putih dan kehidupan laut yang kaya.  Snorkeling atau menyelam di sekitar terumbu karang akan membawa Anda masuk ke dalam dunia bawah laut yang mempesona, di mana Anda dapat melihat berbagai jenis ikan berwarna-warni, terumbu karang yang indah, dan mungkin juga bertemu dengan makhluk laut lainnya seperti penyu atau pari.

Pulau Tinalapu adalah tempat yang sempurna bagi para pelancong yang mencari ketenangan,  jauh dari kebisingan dan menikmati keindahan alam yang autentik.  Dari pantai yang indah hingga kehidupan laut yang memikat, pulau ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa pun yang beruntung mengunjunginya.   Selain keindahan bawah lautnya, Pulau Tinalapu juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan di darat,   meski agak gersang dengan hanya pohon satu-satu tapi kita dapat menikmati pesona Pulau yang indah.     

Pulau Tinalapu

Melansir dari IDN Times, Pulau kecil nan cantik ini tak berpenghuni. Letaknya berada di Teluk Tomini, tidak jauh dari kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Pulau ini belum terkenal di kalangan traveler. Karena itu, panoramanya masih sangat asli.  Pulau ini terbilang gersang karena hanya ditumbuhi beberapa pohon pinus. Pasirnya putih, airnya jernih, dan bening transparan seperti kaca  dan anda bisa mengelilinginya hanya lima menit dengan berjalan kaki.

Awalnya, Pulau Tinalapu hanya dijadikan tempat persinggahan nelayan setemapt atau yang melintasinya sembari menunggu waktu memancing. Seiring berbagai promosi wisata lokal, pulau ini mulai dikenal dan menjadi tujuan wisata. Keindahan bawah laut pulau ini sungguh luar biasa.   Kualitas air laut yang masih terjaga membuat terumbu karang berukuran besar tumbuh dengan baik,  keindahan karang yang di kerumuni ikan – ikan yang berwarna warni atau sesekali dilintasi ikan Pari dan Hiu,   di karang-karang tersebut kita dapat kilauan warna dan lambaian tentakel dari anemon yang mempesona.

Untuk menuju ke Pulau Tinalapu, jika Anda dari Jakarta, perjalanan dapat ditempuh melalui penerbangan ke Makassar.  Dari Makassar, Anda dapat melanjutkan penerbangan ke Kota Luwuk, Sulawesi Tengah selama satu jam menggunakan pesawat Bombardier CRJ-1000 NextGen Garuda Indonesia yang terbang satu kali sehari. Di sekitar Pelabuhan Pagimana terdapat tempat penginapan sederhana untuk beristirahat. Dari pelabuhan menuju Pulau Tinalapu dapat ditempuh dengan speedboat. Jaraknya sekitar satu jam.

Pulau Tinalapu pesona laut nan eksotik


Serasa berada di dunia lautan yang Indah sekali.

Tinalapu, pulau yang berada ditengah lautan teluk Tomini.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EKSPEDISI PULAU BERHALA BERSAMA MITRATEL, JOGO KEDAULATAN RAKYAT

NusaNTaRa.Com byTarmidIKapundjeN,         J  u  m  a  t,    1   6      A   g   u    s   t   u   s      2   0   2   4   Theodorus Ardi Hartok...