Kamis, 23 Mei 2024

SEJARAH ROMANTIS AWAL TERCIPTANYA BECAK DAN HADIRNYA DI INDONESIA

NusaNTaRa.Com   
byBakkaranGNunukaN,      S   a   b   t   u,    1   8      M     e     i      2   0   2   4

B  e  c  a  k
Kendaraan tradisional Indonesia populer sekitar tahun 1970-an yang dikayuh disebut Becak, awalnya kendaraan ini tidak beroda tiga dan menggerakkannya tidak dengan mengayuh pedalnya sebenarnya berasal dari kata bahasa Cina "Bee Tjak", tapi bukan berarti transportasi itu awalnya diciptakan di Daratam Cina. Kota Yokohama Jepang merupakan kota pertama kali diciptakan tepatnya pada tahun 1865. Penciptanya adalah seorang laki-laki setia yang nestapa, sebab istrinya lumpuh. Biarpun demikian cintanya tak mudah surut, ia pun kemudian menciptakan Becak agar istri yang ia cintai itu dapat melihat keindahan alam di Kota Yokohama meskipun dalam kondisi lumpuh.

Jonatan Globe, merupakan laki-laki nestapa pencipta Becak sekaligus yang pertama melahirkan kendaraan BECAK, sebenarnya ia sendiri merupakan orang Eropa yang memutuskan tinggal dan menetap di Yokohama. Pada saat datang di Yokohama ia begitu takjub dengan keindahan kota dan pemandangan alam di sekitarnya, akan tetapi disisi lain ia merasa sedih sebab Istri yang ia cintai tidak dapat menikmati keindahannya. Oleh karena itu ia berfikir keras untuk menciptakan sebuah kendaraan yang bisa mengangkut Istrinya sehingga dapat melihat keindahan kota dan alam sekitar kota Yokohama nan indah.
Demi mewujudkan cita-citanya Jonatan Globe kemudian merancang sebuah kereta kecil bertayar dua dan ditarik manusia tanpa atap agar dari kreta tersebut istrinya dapat memandangi keindahan kota dan alam sekitarnya, ia lalu memberikan sketsa rancangannya tersebut kepada sahabatnya serta membawanya ke seorang pandai besi karibnya  bernama  Frank Pollay. Sebenarnya becak pertama kali disebut oleh orang Jepang dengan sebutan Jinrikisha (kendaraan yang ditarik oleh tenaga manusia).
Selepas becak rancangannya jadi, Jonatan Globe kemudian membawa istrinya mengelilingi kota Yokohama agar istri tercintanya dapat memandangi keindahannya, istrinya tampak sangat bahagia, begitupun Jonatan Globe. Melihat Jonatan dan Istrinya begitu romantis, orang-orang di Yokohama terutamanya para bangsawan merasa terharu, sehingga akhirnya banyak bangsawan jepang yang merasa tertarik dengan Becak, Mulai selepas itu Becak atau jinrikisha menjadi kendaraan yang populer di Kota Yokohama.
Semakin lama becak identik dengan kendaraan para bangsawan, setelah itu sejak tahun 1870, pemerintah Jepang memberikan lisensi kepada tiga orang Jepang : Izumi Yosuke, Suzuki Tokujiro, Amboino Jabbare dan Takayama Kosuke untuk membuat Becak serta menjadikannya alat transportasi populer dalam kota di Jepang. Pada saat itu becak mulai menyebar ke Cina, India dan seluruh Asia Tenggara. Para imigran Cina membawa alat tranportasi ke negara-negara tujuan seperti India dan Singapura, Indonesia dan lain sebagainya yang di negara Asia tenggara dikenal sebagai Riksaw. Dalam perkembangannya becak tidak lagi dioperasikan dengan menarik becak melainkan di kayuh.
Istilah Becak kini sudah menjadi nama kendaraan lokal khas Indonesia yaitu kendaraan roda 3 yang dikayuh. Kata Becak (Betjak-Ejaan Lama) sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Cina Hokkian dari kata bee (kuda) dan tja (gerobak) maksudnya “ kuda gerobak”. Becak masuk ke Indonesia diperkirakan pada abad ke-20 yaitu sekitar Tahun 1930-1937. Pada mulanya Becak digunakan di Indonesia Untuk keperluan pedagang Cina mengangkut barang, selain itu ada juga yang menyatakan bahwa Becak mulanya populer di Makasar sebelum akhirnya diperkenalkan ke Batavia (Jakarta) dan selanjutnya menyebar ke seluruh wilayah Indonesia lainnya.

Becak didatangkan ke Batavia dari Singapura dan Hongkong menurut Lea Jellanik sekitar tahun 1930 - an, Jawa Shimbun terbitan 20 Januari 1943 memuat berita becak diperkenalkan dari Makassar ke Batavia akhir 1930 - an ini diperkuat dengan catatan perjalanan seorang wartawan Jepang ke berbagai daerah Indonesia termasuk Makassar. Dalam catatan "Pen to kamera" terbitan 1937 becak ditemukan orang Jepang yang tinggal di Makassar bernama Seiko - san yang memiliki toko sepeda karena kebanyakan iapun merubahnya jadi penjualan becak.
Hingga kini kota Yogyakarta  dan  Solo masih  melestarikan becak dan masih banyak ditemukan kendaraan  becak  sebagai  bagian moda angkutan kota  dari  budaya masyarakatnya.   Becak di kedua kota itu ada sejak 1960.   Sementara di ibu kota negara  Jakarta, becak sudah dilarang beroperasi sejak 1980  karena  kendaraan Becak dianggap moda transportasi yang tidak manusiawi. Pasalnya, tenaga penggerak becak adalah manusia  dan  menyulitkan sistem transportasi jalan  di kota.

Presiden Jokowi memberikan Give away kepada tukang becak saat  
berkunjang ke Lampung,  Sabtu  (03/09/2022)



Benyamin S dorong becak muter Jakarta.
Becak kendaraan dikayuh berasal dari Jepang Yokohama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EKSPEDISI PULAU BERHALA BERSAMA MITRATEL, JOGO KEDAULATAN RAKYAT

NusaNTaRa.Com byTarmidIKapundjeN,         J  u  m  a  t,    1   6      A   g   u    s   t   u   s      2   0   2   4   Theodorus Ardi Hartok...