Senin, 20 Mei 2024

GILI TRAWANG KAMPUNG UNIK DI LOMBOK, DI DESA INI BAIK WARGA DESA MAUPUN WISATAWAN TAK BOLEH MEMAKAI KENDARAAN BERMOTOR

NusaNTaRa.Com

byMapirroHBorrA,       M  i  n  g  g  u,    1   9       M    e    i       2   0   2   4

Kampung unik di Lombok yang tanpa Mobil dan Motor

Gili Trawang salah satune  kampung unik di Lombok sangat menarik untuk dijelajahi.   Telah lama diketahui bahwa  Lombok memang terkenal memiliki pemandangan alam menakjubkan untuk dikunjungi,  terlebih jika kita singgah ke salah satu desanya yang terletak di  Lombok Utara, di sini ada desa bernama Gili Indah atau  Desa ini juga lebih populer disebut sebagai Gili Trawangan.   Gili Trawangan memang dikenal memiliki pemandangan menakjubkan. Keunikan di desa ini adalah warga dan pengunjung tidak boleh menggunakan motor dan mobil.    Penasaran ingin tahu seperti apa keunikan Desa di Gili Trawangan ini  ?,   berikut ulasan yang telah kami rangkum  :  


Kampung Unik di Lombok 

Kampung unik Lombok ini ada di Gili Trawangan. Pulau ini merupakan destinasi yang sangat indah. Airnya yang jernih, pantai berpasir putih, dan langit biru cerah menjadikannya salah satu tempat paling cantik di Indonesia. Saat berada di sini, Anda bisa menghabiskan waktu bersantai di pantai, snorkeling atau menyelam untuk mengeksplorasi terumbu karang dan kehidupan laut, atau bahkan melakukan tur menggunakan kereta kuda keliling pulau untuk melihat semua pemandangan. 

Suasana Pulau Sepi 

Ada banyak keunikan yang membuat Gili Trawangan di Lombok menjadi destinasi yang begitu istimewa. Salah satu hal yang paling mencolok adalah suasana pulau yang tenang dan jauh dari keramaian kota. Tidak ada kendaraan bermotor di sana, sehingga suasana menjadi lebih nyaman dan ramah lingkungan.   Pulau ini memiliki pantai berpasir putih yang menakjubkan, air laut yang jernih dan kehidupan laut yang luar biasa cantik. Anda bisa menyelam atau snorkeling untuk melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang indah di bawah permukaan laut. 

Banyak pengunjung juga terkesan oleh kehidupan malam di Gili Trawangan yang asyik. Pulau ini dikenal sebagai pusat backpacker dan tempat untuk bersantai.    Gili Trawangan juga terkenal dengan penyu hijau yang sering muncul di pantai saat musim bertelur. Pengunjung dapat melihat penyu-penyu tersebut secara langsung dan bahkan membantu melepas anak penyu ke laut.

Awig-Awig Desa Setempat 

Awig-awig atau peraturan desa di kawasan Gili Trawangan ini memang tak memperbolehkan adanya penggunaan motor atau mobil yang dapat menyebabkan polusi. Tidak diketahui pasti kapan peraturan tersebut mulai ada, namun hal ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Gili Trawangan. Masyarakat setempat kebanyakan menggunakan dokar, atau sepeda sebagai alat transportasi.

Wisatawan menggunakan Sepeda menikmati keindahan Gili

Peluang Ekonomi dari Jasa Penyewaan Sepeda 

Masyarakat setempat menjadikan peluang atas larangan yang ada dengan menyewakan sepeda kepada wisatawan. Di mana hal tersebut dapat meningkatkan peluang perekonomian masyarakat setempat. Tak hanya sepeda, sebagian wisatawan juga tertarik untuk mencoba mengendarai cidomo. Kusir Cidomo berpeluang mendapatkan Rp200.000 dalam satu kali mengantar wisatawan dari pelabuhan ke lokasi tempat mereka menginap. Perekonomian Warga Dulunya Lemah 

Motor dan Sepeda Listrik 

Larangan menggunakan kendaraan bermotor karena dikhawatirkan bahan bakarnya akan membuat polusi udara, sehingga dipilihkan motor listrik yang lebih ramah lingkungan. Di mana hal ini dapat dimanfaatkan oleh warga dan wisatawan. Provinsi NTB sendiri saat ini sudah memproduksi berbagai merek kendaraan listrik yang dapat dibeli dan digunakan oleh semua orang. Kendaraan listrik ini menjadi salah satu solusi kendaraan yang dapat digunakan dengan cepat. 

Daya Tarik Tanpa Kendaraan yang Ramai 

Gili Trawangan memberikan magnet tersendiri dari lenggangnya jalanan dari kendaraan bermotor atau mobil. Wisatawan yang datang merasa kawasan tersebut lebih tenang, dan sangat tepat untuk tempat berlibur. Mereka juga merasa senang menggunakan cidomo dan bersepeda di pinggir pantai. Kehidupan di Gili Trawangan terasa lebih lamban, tanpa saling terburu-buru berpacu dengan waktu.   Itulah seputar kampung unik di Lombok yang ada di Gili Trawangan. Wisatawan yang datang ke Gili Trawangan tidak diperbolehkan untuk menggunakan motor atau mobil. Alasan yang paling mendasar dan masih dijaga masyarakat adalah awig-awig yang ada.


Gili Trawangan merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB),  lokasinya berada di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Gili ini menjadi destinasi wajib yang dikunjungi wisatawan yang menyukai keindahan pantai.   Di Gili Trawangan tidak terdapat polusi dari kendaraan bermotor  karena  di Gili Trawangan ini tidak diperbolehkan adanya warga memiliki kendaraan bermotor  dan ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Selain tempatnya yang indah, udaranya juga sehat karena tanpa polusi.   Why  di Gili Trawangan tidak ada kendaraan bermotor ?  semua point  yang ada di atas menjadi penyebab mengapa kondisi itu ada dan diikuti masyarakat.  

Tiga gili yang ada di Lombok Utara yang biasa disebut Gili Tramena


Gili Trawang desa wisata Lombok tanpa Kendaraan.

Kendaraan Sepeda  Cidomo sarana pelayanan wisatawan.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RHOMA IRAMA MUSISI RAJA DANGDUT POPULER DENGAN OM SONETA

  NusaNTaRa.Com           byBasruLDatUMabusunG,           M   i   n   g   g   u,     2    3       J     u     n     i       2    0    2   ...