Rabu, 29 Mei 2024

KARIER “VOICE OF BACEPROT” BAND ANAK GARUT TERBANG KEPENTAS DUNIA GLASTONBURY FESTIVAL INGGRIS

NusaNTaRa.Com        

byAsnISamandaK,             S   e   n   i   n,     2   7       M      e      i        2   0   2   4    

  Voice of Baceprot Band Metal dari Garut   

Profil Voice of Baceprot,  Grup Metal Berhijab Asal Garut  yang mulai dibentuk saat ketiga personilnya masih menempuh pendidikan di bangku sekolah dan dinamakan dengan Baceprot yang menggambarkan karakter drup Band mereka.  Dalam bahasa Sunda, bacéprot   artinya berisik atau bawel  dan  ini merepresentasikan musik yang mereka mainkan.   Kini  Voice of Baceprot (VoB) membawa harum nama Indonesia lewat music karena  Baceprot  akan tampil di festival musik Glastonbury Festival 2024 di Inggris satu perhelatan music berkelas dunia.

Dalam unggahan di Instagram @voiceofbaceprot, akun resmi tersebut menuliskan salah satu tulisan Pramoedya Ananta Toer di Bumi Manusia,     berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri, bersuka karena usahanya sendiri, dan maju karena pengalamannya sendiri  ”.   Penggalan kalimat penuh makna tersebut sangat cocok dengan perjalanan karier VoB. Sering dianggap sebagai band kampung karena berasal dari salah satu kabupaten di Jawa Barat, lalu penampilan ketiga personel yang memakai hijab   dan berani memainkan musik rock.

  Dianggap sebagai keputusan sembrono oleh banyak orang.  Tapi itu justru jadi landasan keyakinan kami, bahwa VoB sepertinya memang terlahir untuk lebih sering berbenturan dengan berbagai stereotype.   Kami mengalaminya hampir selalu, berulang kali hingga kini, hingga entah  ”,  Ujar  Tulisan  akun tersebut.   Kabar gembira di awal bulan Mei membuat mereka semakin semangat untuk bermusik,   seperti mimpi yang akhirnya jadi kenyataan, VoB mencetak sejarah sebagai musisi pertama Indonesia yang naik panggung Glastonbury sebagai festival musik dan seni pertunjukan di Inggris.

VoB  juga bakal sepanggung dengan Coldplay, Dua Lipa, Keane, Avril Lavigne dan sederet musisi dunia lainnya pada 26-30 Juni 2024,     Sebuah kebanggaan tersendiri menjadi musisi Indonesia pertama yang akan tampil di Glastonbury Festival (Woodsies Stage) setelah 54 tahun penyelenggaraannya  & sekaligus bertepatan dengan perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Kerajaan Inggris   ”,  Ujar Tulisan akun tersebut Laji.

Menuju hari besar untuk tampil di  panggung Glastonbury sebagai festival musik dan seni pertunjukan di Inggris tersebut, Firda Marsya (gitaris dan vokalis), Widi Rahmawati (bass), dan Euis Siti (drum) turut minta dukungan Kemenpora.   "  Kami band indie, apa-apa dikerjain sendiri, kami harap Kemenpora dapat mendukung kami   ",    Ujar CaKap SiGaluH  Marsya saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat,    "  Agar kami bisa terus berkarya dan bermusik membawa nama Indonesia ke panggung dunia  ",  Tambahnya dengan Plabomoranya (Hebatnya).

Voice of Baceport  saat tampil

Menanggapi hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo pun secara tegas siap membantu trio metal tersebut,   punya rasa yang sama sebagai anak band kala muda, ia ingin  VoB  focus  berkarya dan mengharumkan nama Indonesia.   "  Saya dulu juga drummer, hari-hari suka dengar musik System of a Down hingga d'Masiv, semua genre saya suka  ",   Ujar SiDiN Dito Ariotedjo,   dan   "  Saya mau kalian fokus berkarya saja, mengharumkan nama bangsa di panggung dunia, urusan lain Kemenpora bisa bantu  ",  Ujar SiDin dengan tegasnya.

VoB beranggotakan Firda Masya Kurnia (gitar dan vokal), Widi Rahmawati (bas), dan Euis Siti Aisyah (drum) membentuk VoB  ketika  mereka masih tergabung  di teater sekolah SMA,  dimana   dalam pertunjukan teater mereka memerankan peran sebagai anak band.   Namun  tahun 2015 mereka akhirnya serius untuk membentuk band rock dan metal.   Lagu cover pertama yang mereka bawakan adalah milik Rage Againts The Machine (RATM)  dan  tahun 2018 akhirnya mereka merilis lagu School of Revolution yang merupakan single perdana mereka.

Nama VoB semakin populer karena memiliki keunikan  karena  memainkan musik rock, gahar, namun berisikan tiga gadis imut dan berhijab.  Sukses di Indonesia, VoB akhirnya melanglang buana ke beberapa negara di luar negeri.   VoB pernah tampil di Prancisi di ajang Les Trans Musicales 2021, Wacken Open Air 2022 di Jerman   dan beberapa titik panggung di Eropa lainnya. Saat tampil, VoB mengenakan busana yang memperkenalkan sentuhan tradisional dari Garut.

Tahun 2023 lalu VoB akhirnya merilis album perdana RETAS berisikan 9 lagu,  dalam album ini mereka ingin mewujudkan tekat membebaskan diri sekaligus mengukir perjalanan sebagai anak band dan wanita yang mandiri.  VoB juga pernah meraih penghargaan di tahun 2022 lalu dalam ajang AMI Award dalam kategori Duo/Grup/Kolaborasi Rock Terbaik.

    Voice of Baceprot bang Rock akan manggung di festival Musik 
  Glastonbury Festival 2024 di Inggris   


Voice of Baceprot Band  Rock Metal  anak Garut Gaes.

Tampil di festival musik Glastonbury Festival 2024 di Inggris.

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EKSPEDISI PULAU BERHALA BERSAMA MITRATEL, JOGO KEDAULATAN RAKYAT

NusaNTaRa.Com byTarmidIKapundjeN,         J  u  m  a  t,    1   6      A   g   u    s   t   u   s      2   0   2   4   Theodorus Ardi Hartok...