Sabtu, 11 Mei 2024

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com

byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4

Rombongan Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, Direktur C BAIS TNI tiba di PLBN Sei Nyamuk Sebaik Kabupaten Nunukan


Hari Selasa 23 April 2024 Pukul 10.20 Wita bertempat di Pelabuhan PLBN Sungai Nyamuk RT 04 Dusun H. Beddurahim 04 Desa Sungai Pancang Kec. Sebatik Utara Kab. Nunukan Prov. Kaltara telah tiba Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) Dalam Rangka Kunjungan Kerja di Wilayah Sebatik Kab. Nunukan menggunakan Speed Astrada 88. Dalam rombongan tersebut terdapat :
1. Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han). 2. Kolonel Czi Hari Santoso. 3. Kolonel Mar Sungatijantoro, S.A.P. 4. Kolonel Sus Dr. M. Daril Kaesorry, ST., M.Si dan 5. Serka Marjan . C.) Hadir Dalam Penyambutan Sbb :
1. Letkol Arh Iwan Hermaya Purnawan,S.I.P, M.I.P (Dansatgas Pamtas RI-MLY Yon Arh 8/MBC )
2. Mayor Arm Mohammad Bakri ( Danramil 0911-02/Sbt ).
3. Iptu Wisnu Bramantio, S. Tr. S.I.K ( Kapolsek Sebatik Timur ).
4. Lettu Mar Presly Musak ( Danki Satgas Marinir Pam Ambalat XXIX ).
5. Kapten Arm Dedi Prabowo ( Danki Satgas Pamtas Yon Arh 8/MBC ).
6. H Zulkifli SE ( Camat Sebatik Utara ).
7. H Andi Joni SE.MM ( Camat Sebatik Timur ).
8. Zainal Abidinsyah, SE ( Ka UPT LLA Sebatik Dinas Perhubungan Kab Nnk ).
9. Lettu Laut (P) Johari ( Danposal Sungai Pancang ).
10. Lettu Arh Siswoyo (Pasiintel Satgas Pamtas RI-Mly Yonarhanud 8/Mbc)
11. Tokoh Masyarakat :
- H. Herman Baco, SE.,MM - H Nuardi ( H Momo ) - H Rustam Jaya. - Jafar ( Thubank ) dan Hj. Masseintang Pengurus Kop. SeiNyamuk.
D.) Rangkaian Kegiatan Sbb :
1. Pukul 11.30 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) Tiba di pelabuhan PLBN Sungai Nyamuk RT 04 Dusun H. Beddurahim 04 Desa Sungai Pancang Kec. Sebatik Utara Kab. Nunukan.
2. Pukul 11.35 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) menuju kantor PLBN Sungai Nyamuk Desa Sungai Pancang Kec. Sebatik Utara Kab. Nunukan.
3. Pukul 11.40 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) tiba di kantor PLBN Sungai Nyamuk Desa Sungai Pancang Kec. Sebatik Utara Kab. Nunukan.
4. Pukul 11.45 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) menuju ke RM Hasanah Desa Sungai Nyamuk Kec. Sebatik Timur Menggunakan Kendaraan roda 4.
Brigjen TNI Mirza Patria Jaya
memberikan Pengarahan
5. Pukul 11.49 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) tiba RM Hasanah Desa Sungai Nyamuk Kec. Sebatik Timur dilanjutkan acara Penyerahan dan penandatanganan Kapal Speadboat oleh Direktur C BAIS TNI dan H Rustan, adapun susunan acara :
* Pembukaan
* Sambutan Tokoh masyarakat Sebatik ( H. Herman Baco, SE.,MM ) :
- Saya ucapkan terima kasih kepada Direktur C BAIS TNI yang mana bisa berkunjung melihat situasi perbatasan ini mudah-mudahan dalam perjalanan beliau selalu dilindungi oleh Allah SWT.
- Semoga kedatangan beliau bisa untuk mempererat hubungan antar pemerintah daerah,masyarakat dan petugas yang ada di Sebatik.
* Sambutan Direktur C BAIS TNI :
- Saya sangat berbahagia bisa datang di Sebatik dan ini adalah kunjungan saya yang kedua, Untuk mencari dan meluangkan waktu untuk datang ke sini Saya sedikit agak susah tapi sayang tetap upayakan waktu yang ada. - Saat ini kita juga sudah bisa memantau kegiatan yang ilegal melalui drone. - Tujuan saya ke sini juga adalah untuk dapat masukan dari tokoh-tokoh masyarakat Sebatik karena tanggal 8 dan 9 bulan depan kami akan berangkat ke Malaysia untuk menyelesaikan permasalahan di Sebatik, Diharapkan permasalahan selesai pada bulan Juni atau Juli yang akan datang di mana dengan pergeseran patok kita mendapatkan tanah 4 hektar yang masuk wilayah Malaysia diharapkan bisa ganti untung. - Kami juga ingin ada masukan, karena dari pihak Malaysia mengenai pasang surut garis batas kita akan Kehilangan portal angkatan laut dan kapal di pelabuhan PLBN akan susah melaksanakan manuver. - Saya juga mengucapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat yang telah memberikan bantuan Speadboat kepada kami. dan - Ada lima pos lintas batas negara yang akan diresmikan langsung oleh presiden sebelum beliau habis masa jabatannya nanti akan dipilih salah satu tempat untuk menjadi tempat peresmian dan empat tempat lainnya akan dialihkan secara simbolis.
* Penanda tanganan berita acara Penyerahan Speedboat. * Penandatanganan standar operasional prosedur ( SOP ) Speedboat. * Penyerahan secara simbolis miniature kunci dari H Rustan ke Direktur C BAIS TNI. * Pembacaan Doa. * Ramahtamah. dan * Penutup.
.
6. Pukul 12.35 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) menuju mesjid An Nur Desa Sungai Nyamuk Kec. Sebatik Timur Menggunakan Kendaraan roda 4.
7. Pukul 12.37 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) tiba di mesjid An Nur Desa Sungai Nyamuk Kec. Sebatik Timur untuk melaksanakan sholat Dhuhur.
8. Pukul 12.55 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) menuju Kantor Kecamatan Sebatik Utara RT 03 Desa Seberang Kecamatan Sebatik Utara Kabupaten Nunukan Menggunakan Kendaraan roda 4.
9. Pukul 13.03 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) tiba di Kantor Kecamatan Sebatik Utara RT 03 Desa Seberang Kecamatan Sebatik Utara Kabupaten Nunukan dilanjutkan pertemuan dengan Warga yang terdampak Ounstanding Border Problem ( OBP ) wilayah/patok batas yang masuk menjadi wilayah Malaysia atau sebaliknya, adapun isi pertemuan :
Brigjen TNI Mirza Patria Jaya melaksanakan monitoring
Warga :
* H Hambali :
- kami sudah dipamggil untuk permasalahan ini untuk kesekian kalinya Pak, semoga betul pada bulan Juli ini ada pergantian untung lahan dan bangunan kami.
* Bapak Cucu Syarif Hidayatullah :
- Kami mau kejelasan pak jika memeng harus di ganti maunya diganti uang
- Kami juga mau kejelasan tentang sisa lahan yang masuk Malaysia berarti masuk Indonesia tapi berada di perbatasan apakah bisa kami pergunakan.
* Perwakilan warga yang lain setuju dengan ganti untung seperti saran Pak H Hambali dan Pak Cucu.
Dir C Bais TNI :
* Terimaksih atas saran dan masukan dari bapak ibu, ini akan menjadi bahan laporan saya saat pertemuan nanti, terkait masalah sisa lahan akan saya sampaikan.
* Untuk pergantian ganti untung saya tidak bisa menentukan niayanya, akan ada tim yang akan turun dan mengecek dilapangan.
10. Pukul 14.20 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) Menuju Patok PB 02 Perbatasan RI-Malaysia dan Rumah Merah Putih Jl.Perbatasan RT 02 Desa Ajikuning Kec. Sebatik Tengah.
11. Pukul 14.28 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) tiba di Patok PB 02 Perbatasan RI-Malaysia dan Rumah Merah Putih Jl.Perbatasan RT 02 Desa Ajikuning Kec. Sebatik Tengah.
12. Pukul 15.15 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) bergeser ke Pos Koki Satgas Pamtas RI-MLY Yon Arh 8/MBC Ssk 1 di RT 06 Desa Aji Kuning, Kec. Sebatik Tengah, Kab. Nunukan Kaltara menggunakan Kendaraan roda 4.
13. Pukul 15.20 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) tiba di Pos Koki Pos Koki Satgas Pamtas RI-MLY Yon Arh 8/MBC Ssk 1 di RT 06 Desa Aji Kuning, Kec. Sebatik Tengah.
14. Pukul 15.50 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) bergeser ke Pangkalan H Rustam RT 12 Dusun Damai Desa Sungai Nyamuk, kec. Sebatik Timur.
15. Pukul 16.05 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) tiba di Pangkalan H Rustam RT 12 Dusun Damai Desa Sungai Nyamuk, kec. Sebatik Timur kemudian dilanjutkan mencoba Speed Catur 24.
16. Pukul 16.20 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) bergeser ke D Putri Resort Desa Sungai Bukit Aru Indah, kec. Sebatik Timur.
17. Pukul 16.40 Wita Rombongan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) tiba di D Putri Resort Desa Sungai Bukit Aru Indah, kec. Sebatik Timur kemudian dilanjutkan istirahat.
18. Pada Pukul 16.45 Wita kegiatan selesai dalam keadaan aman dan lancar dilanjutkan besok.

A. Kedatangan Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) beserta rombongan di wilayah Nunukan Dalam Rangka Kunjungan Kerja di wilayah Nunukan sekaligus bersilaturrahmi dengan Forkopinda, komunitas intelijen dan Satgas Pamtas RI-Malaysia di Wilayah Kab. Nunukan.
B. Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) beserta rombongan juga mencari data yang nyata tentang permasalahan Warga dan lahan yang terdampak Ounstanding Border Problem ( OBP ) wilayah/patok batas yang masuk menjadi wilayah Malaysia atau sebaliknya,
C. Direktur C BAIS TNI Brigjen TNI Mirza Patria Jaya, SE, M.Tr(Han) beserta rombongan juga meninjau Lanal Nunukan, kodim 0911/Nnk, Kotis Satgas Pamtas pada hari Rabu Tanggal 24 April 2024 sekaligus bertatap muka dengam furopinda Kab. Nunukan.
D. Terus melaksanakan monitoring Kunjungan Direktur C BAIS TNI.
Brigjen TNI Mirza Patria Jaya di dampingi 
H Zulkifli SE ( Camat Sebatik Utara ).





Brigjen TNI Mirza Patria Jaya Direktur C BAIS TNI.
Monitoring ke Sebatik terkait persoalan perbatasan terkini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EKSPEDISI PULAU BERHALA BERSAMA MITRATEL, JOGO KEDAULATAN RAKYAT

NusaNTaRa.Com byTarmidIKapundjeN,         J  u  m  a  t,    1   6      A   g   u    s   t   u   s      2   0   2   4   Theodorus Ardi Hartok...