Selasa, 14 Mei 2024

MENIKMATI SENSASI KEINDAHAN PULAU NUSA PENIDA DI TENGGARA BALI

NusaNTaRa.Com  

byFarhaMTukirmaN,         S    e    n    i    n,     1    4       M     e     i        2   0   2   4

  Pantai Kelingking di Pulau Nusa Penida 

Orang Indonesia  sebagian besar  menganggap P Bali adalah  “surganya”  Indonesia,  padahal  sekitar Pulau Bali masih banyak pulau-pulau  yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa,  seperti  Pulau Nusa Penida.   Pulau Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung tak kalah ramainya dikunjungi para Traveler,   bahkan di dekat pulau inipun masih  terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yang cukup eksotik  seperti  Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan endooeee.

Pulau Nusa Penida memiliki luas 202.8 km persegi dengan lebar maksimal pulau hanya 12 km  dan   Nusa Penida masih termasuk dalam Provinsi Bali.   Perairan pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan selamnya di antaranya terdapat di Crystal Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung,  Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.   Pemandangan indah di Pulau Nusa Penida diantaranya  terdapat di  Kelingking Beach, Angel's Billabong & Broken Beach, Crystal Bay, Diamond Beach, Pantai Atuh, Thousand Islands Viewpoint, Manta Point.   Hampir sebagian besar tempat wisatanya menggunakan bahasa asing, karena banyaknya pendatang dari mancanegara ke pulau ini. 

Nusa Penida juga dikenal sebagai obyek wisata spiritual di Bali  dengan  ditemukannya  banyak pura – pura tempat peribadatan  disana,   Nusa Penida berasal dari dua suku kata Nusa dan Penida yang bermakna  Nusa   pulau, sedangkan penida berati pendeta.   Hingga kini keindahan Nusa Penida tak pernah pudar dengan berhias  berbagai jenis pura yang ada di Nusa Penida  diantaranya  Pura Kahyangan,   ada juga Pura Tirta yang berfungsi pengelolaan air, Pura Puseh yang dipersembahkan untuk memuja Wisnu.

Pulau Seribu di Nusa Penida 

Pantai Kelingking merupakan salah satu  ikon wisata di Nusa Penida  disini para pengunjung dapat menikmati  keindahan pantai tersebut dari atas ketinggian dan ketinggian Pantai Kelingking, pengunjung bisa melihat pemandangan tebing paluang dengan keindahannya yang mempesona,  mereka juga bisa melihat  bangkai  kapal yang karam.   Selanjutnya   di Pantai Banah yang berada di wilayah Banjar Salak, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.  Usai dari situ  pengunjung  pantai   bisa melanjutkan perjalanan ke Mata Air Tembeling.

Tak hanya pantai, Nusa Penida juga memiliki obyek wisata yang indah bentuk lainnya  salah satunya adalah Gua Giri Putri  yang memiliki  bangunan pura di gua.   Gua tersebut sebagai lokasi pemujaan terhadap Dewa Siwa yang dipercaya untuk memelihara dan merawat manusia,  panjang Gua Giri Putri adalah sekitar 262 meter dan ada di 150 meter di atas permukaan laut atau mdpl.   Di Nusa Penida juga terdapat bukit yang diberi nama Bukit Teletubbies   karena  seperti bukit yang terdapat dalam serial teletubbies.

Menuju ke Nusa Penida tak perlu khawatir  karena  di Pulau Bali tersedia banyak kapal cepat menuju Nusa Penida,   Kapal cepat tersedia di hampir setiap pelabuhan di Bali, seperti Pelabuhan Serangan, Pelabuhan Sanur dan Pelabuhan Padangbai mulai dari jam 7 pagi hingga sore hari jam 5, begitu pun dengan jadwal sebaliknya.   Satu-satunya cara ke Nusa Penida adalah dengan menggunakan fast boat dari Bali.   Kapal tradisional dengan harga yang relatif murah berangkat setiap hari pada pukul 6 pagi di dekat jembatan gantung antara Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan,   Perahu ini menjadi transportasi yang banyak digunakan oleh penduduk setempat maupun para wisatawan dan sering kali sangat ramai.

Cara paling umum adalah dengan fast boat ke Nusa Penida dari Pantai Sanur  karena di area ini ada banyak banget pilihan fast boat dari berbagai perusahaan dengan beberapa jam keberangkatan.   Namun Pantai Sanur bukan satu-satunya tempat kamu bisa naik fast boat ke Nusa Penida,  anda  juga bisa  naik fast boat dari Tanjung Benoa ke Nusa Penida. Bahkan bisa dibilang, fast boat ke Nusa Penida dari Tanjung Benoa ini lebih mewah dan enjoy gitu.

Jadwal perjalanan dari Pantai Sanur ke Nusa Penida berbeda-beda untuk tiap perusahaan kapal, tetapi umumnya ada kapal yang berangkat pada pagi, siang  dan sore,   begitu  juga  dengan jadwal perjalanan dari Nusa Penida ke Sanur - bisa dtemukan kapal yang berangkat pagi, siang, dan sore hari.   Di Pulau Nusa Penida banyak warga lokal menawarkan penyewaan motor dan mobil untuk digunakan keliling Nusa Penida.   Seperti di Pulau Bali, tarif sewa motor di Nusa Penida untuk satu hari juga berkisar antara Rp 80-200 ribu, tergantung jenis motor dan kemampuan tawar menawar.

Pura Goa Giri Putri di Nusa Penida


Nusa Penida Surga yang tak kalah dengan P Bali.

Deretan Pura-pura, Gua, Pantai jadi pesona yang alami.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EKSPEDISI PULAU BERHALA BERSAMA MITRATEL, JOGO KEDAULATAN RAKYAT

NusaNTaRa.Com byTarmidIKapundjeN,         J  u  m  a  t,    1   6      A   g   u    s   t   u   s      2   0   2   4   Theodorus Ardi Hartok...