Kamis, 05 Agustus 2021

PROYEK JALUR KERETA CEPAT JUKARTA-BANDUNG, SELESAI 75 % ATAU 8 TUNNEL DARI 13 TUNNEL

NusaNTaRa.Com

byFarhaMTukirmaN,    S  e  l  a  s  a,   1  8        M     e      i        2  0  2  1

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) sampai saat ini telah merapungkan  delapan  terowongan atau tunnel  sepanjang  142,3 kilometer (km) atau 75 %  dari 13 terowongan  yang berada di  proyek  Jalur Kereta  Cepat Jakarta-Bandung,  proyek ini diperkirakan  dapat diselesaikan  hingga  di akhir 2021.  "  Jadi per minggu ini sudah 8 terowongan yang tembus dan targetnya di akhir tahun semua terowongan selesai. Jadi target menuju masa operasi di akhir tahun depan  ",  Ujar SiDin Allan Tandiono  Direktur Manajemen Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, ketika mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Jalur Kereta  Cepat Jakarta-Bandung, Selasa (18/05/2021).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek kereta cepat Jakarta - Bandung di Bekasi, Jawa Barat. Dirinya mendapat laporan progres pengerjaan konstruksinya sudah selesai 73 persen.   "  Saya melihat progres sampai hari ini tadi dilaporkan kepada saya telah selesai 73 persen. Nanti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi   ",  Ujar SiDin  Presiden Jokowi  melalui tayangan video,  Selasa (18/05/2021).  

Allan Tandiono (Tandipossok) mengatakan, Tunnel  1  Halim Kereta Cepat Jakarta-Bandung sepanjang 1.885 meter atau 1,8 kilometer yang berlokasi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 5+500 menjadi  Tunnel pertama yang diresmikan,   Ini  satu-satunya terowongan yang menggunakan TBM (Tunnel Boring Machine) sama seperti di MRT Jukarta.   "  Ini terowongan pertama yang paling dekat dengan Jakarta. Tapi TBM-nya size nya dobel. Ini 13,19 meter dan terbesar yang pernah beroperasi di Indonesia. Dan sudah terbukti, dan diberikan sertifikat oleh MURI  ",  Ujar SiDin menjelaskan,   "  Dan tadi bapak sudah video conference dengan rekan kami di  tunnel 6 yang merupakan tunnel yang terpanjang, 4,4 km di kereta cepat Jakarta-Bandung  ",  sambungnya.

Dia menambahkan, timeline waktu pengerjaan untuk pembangunan tunnel yang panjangnya 1,8 km ini memakan waktu selama 14 bulan,  selanjutnya pihaknya akan melakukan finishing untuk pembukaan atau dilaunching.   "  Nanti ditutup sama seperti MRT. Yang patung pemuda ditopang, setelah jadi ditutup. Nanti ini juga akan ditutup rapi. Sampai akhir tahun itu yang akan kami kejar. Juga akan dipasang drainase dan pemasangan kabel untuk sistem persinyalan dan lain-lain. Untuk sistem fasilitas operasi kereta api  ",  Ujar SiDin Allan Tandipossok menjelaskan.

"  Jadi per minggu ini sudah 8 terowongan yang tembus dan targetnya di akhir tahun semua terowongan selesai. Jadi target menuju masa operasi di akhir tahun depan  ",  Ujar SiDin Allan Tandiono, Selasa (18/05/2021).  Sementara Agung Budi Waskito  Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika, mengungkapkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang digarap PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengalami pembengkakan biaya (cost overrun) yang tidak sedikit.

PT KCIC saat ini tengah menghitung pembesaran biaya pada proyek tersebut,   berdasarkan informasi yang didapatnya   proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung membengkak 20 persen dari nilai awal sebesar USD 6,071 miliar.   "  Berapa besarnya, tentunya kita akan tunggu. Tapi yang saya dengar kurang lebih hampir 20 persen, tapi masih dihitung  ",   Ujar SiDin Agung dalam sesi webinar, Rabu (14/4/2021),    Agung menyatakan, kondisi ini tentunya akan berdampak langsung terhadap Wijaya Karya sebagai salah satu pemegang saham utama di PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).

"  Efeknya terhadap Wika, bahwa saat ini Wika menjadi salah satu pemegang saham paling besar yang ada di PSBI, yaitu 60 persen. Kemudian di China portion 40 persen, Wika kurang lebih 37 persen   ",   Ujar SiDin Agung  Budi Waskita.   Menghadapi situasi ini, Wika coba melakukan negosiasi dengan pihak China agar porsi Indonesia di proyek Kereta Cepat Jakarta-China bisa dipangkas lebih kecil dari 60 persen.   "  Sehingga secara keseluruhan nantinya cost overrun yang terjadi ini sama sekali tidak akan berpengaruh terhadap apa yang sudah kita setorkan. Harapan kami memang porsi daripada Indonesia lebih kecil daripada sekarang, sehingga cost overrun yang ada bisa ditanggung oleh pemerintah sana  ",   Ujar Agung Budi Waskita.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi proyek pembangunan Jalur  Kereta  Cepat  Jakarta-Bandung yang berada di dalam Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada hari Selasa 18 Mei 2021. Titik pertama yang dikunjungi adalah Casting Yard #1 yang tepatnya berada di Kelurahan Wangunharja, Kabupaten Bekasi.   Lokasi tersebut merupakan salah satu fasilitas pendukung produksi dan distribusi box girder yang digunakan sebagai penyusun struktur trase proyek Jalur  Kereta  Copat Jakarta-Bandung.

Turut serta dalam kunjungan ini adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri BUMN Erick Thohir.  Selain itu juga turut mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC)  Dwiyana Slamet Riyadi  dan Duta Besar RRT untuk Indonesia Xiao Qian.

Lorong jalan tembus penyingkat,

13 Tunnel  jalan  Jukarta –Bandung adalah Jalur Kereta Cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LIMA PEMBUANGAN SAMPAH TERBESAR DI DUNIA, ADA BANTAR GEBANG !!

NusaNTaRa.Com       byBatiSKambinG,        R   a   b   u,    2   0      N   o   p   e   m   b   e   r      2   0   2  4     Tempat Pengelola...