NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA, Kamis 18 F e b r u a r i 2021
Demi memperkuat operasional perusahaan khususnya distribusi dan jaminan Stok BBM nasional , PT. Pertamina telah meluncurkan Kapal Tangker Raksasa baru atau Very Large Crude Carrier (VLCC) diklaim sebagai tangker tergede di dunia berkapasitas dua juta barrel.
Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha Pertamina Ima Rahman mengatakan kehadiran kapal VLCC bukan hanya kebanggaan bagi Pertamina, namun juga bagi Indonesia karena memiliki armada yang tangguh dengan performa luar biasa. " Pembangunan kapal VLCC ini diharapkan dapat memacu Pertamina untuk makin berdaya saing, tidak hanya disektor regional tapi juga Internasional ", Ujar SiDin Imam Rahman dalam keterangan tertulisnya di Jukarta, Rabu.
Dengan adanya kapal VLCC ini pengamanan supply chain akan lebih efisien yang juga menjadi satu kunci kompetitip Pertamina agar jadi satu World Class Company yang menjadi satu kunci Pertamina dalam Supply Chain ysng kompetitip itu. " Proyek pembangunan 2 unit kapal tipe VLCC bertujuan untuk mengamankan pasokan kebutuhan minyak mentah ke refinery/kilang pertamina ", Ujar SiGaluh Nicke Widyawati Direktur utama Pertamina.
Erry Widiadtono Direktur Utama PT. Pertamina International Shipping (PIS) mengatakan dengan bidang usaha utama pelayaran atau pengangkutan laut, pihaknya mendapat tugas sebagai Supporting Supply Chain distribusi untuk pengangkutan kargo impor Pertamina dengan skema Free On Board (FOB). Kapal Pertamina Prime merupakan kapal kedua tipe VLCC yang disiapkan untuk mendukung pengamanan pasok kebutuhan feedstock kilang yang dijalankan oleh Subholding Refinery & Petrochemical Pertamina.
Kapal raksasa yang di beri nama " Pertamina Prime " dan mulai dibangun pada tahun 2018 diluncurkan dengan pengapungan kapal untuk pertama kolinya ke Air Laut pada Selasa (19/01/2021) di Kumamoto, Jepang dijadwalkan akan diserah terimakan pada 30 Maret 2021. Kapal VLCC ini bukan kapal kecil sehingga pembuatannya membutuhkan perencanaan optimal sehingga pengoperasiannya dapat mewujutkan usaha yang lebih mapan.
Sebelumnya yaitu bersekitaran 29 November 2020, Pertamina telah meluncurkan Kapal Portamanya bertajok " Pertamina Pride " dan memulai pelayaran perdananya pada 09 Februari 2021. Kedua kapal VLCC memiliki kapasitas angkut kargo yang sama sokitar dua juta barel merupakan Singel Screw driven Singel Deck Type Crude Oil t tangker dengan panjang keseluruhan 330 meter, draft 29,35 meter dan tanker berukuran 302.000 DWT.
Kapal VLCC kedua ini lebih effisien dalam penggunaan bshsn bakar dan telsh menetspkan konsep Eco - Green vessel atau Lower Operation Cost berbasis desain yang ramah lingkungan menjadikan kapal kapal ini lebih hemat dalam hal konsumsi bshan bakar sebesar 25 persen borbanding kapal yang sejenis.
" Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk selalu menerapkan teknologi tinggi yang ramah lingkungan ", Ujar SiDin Erry Widiastolo.
Berkendaraan lewat tol lebih singkat,
VLCC Pertamina Prime dalam Supply Chain lebih Hemat.
Semoga Pertamina teta[ jaya jadi kebanggaan Indonesia
BalasHapus