NusanTaRa.Com
Jembatan beton menyeberangi teluk,
Jembatan " Kapuas Tayan " Kalbar |
Mega proyek Dua inprastruktur jembatan
pertengahan tahun 2016 ini akan siap
dioperasionalkan di Indonesia timur yaitu Pertama, Jembatan Kapuas Tayan di Kabupaten Sanggau
yang merupakan penghubung jalan Trans
Kalimantan poros Selatan penghubung Kalimantan Barat dan Kalimantan
Tengah, sebelum jembatan ini Kota Tayan dan Tiasak
hanya dihubungkan dengan dua kapal Fery. Jika
pembangunan ini selesai maka Jembatan Kapuas Tayan merupakan Jembatan Nomor dua
terpanjang di Indonesia setelah Jembatan
Suramadu di Surabaya-Madura.
Jembatan penghubung kedua yang akan siap operasional tahun 2016 adalah jembatan Merah Putih di Kota Ambon yang menghubungkan Poka dengan Galala di kawasan teluk Ambon, Jika jembatan ini terselesaikan jarak Kota Ambon menuju bandara Pattimura dapat lebih dekat dari 35 km mengitari teluk Ambon yang ditempuh 60 menit menjadi 20 menit saja . Jembatan Merah Putih dibangun sejak 17 Juli 2011 dengan anggaran Rp 700,00 milliar sepanjang 1.140 meter, dengan system Cable Stayed terdiri dari tiga bagian masing-masing 520 meter, 320 meter dan 300 meter.
Jembatan penghubung kedua yang akan siap operasional tahun 2016 adalah jembatan Merah Putih di Kota Ambon yang menghubungkan Poka dengan Galala di kawasan teluk Ambon, Jika jembatan ini terselesaikan jarak Kota Ambon menuju bandara Pattimura dapat lebih dekat dari 35 km mengitari teluk Ambon yang ditempuh 60 menit menjadi 20 menit saja . Jembatan Merah Putih dibangun sejak 17 Juli 2011 dengan anggaran Rp 700,00 milliar sepanjang 1.140 meter, dengan system Cable Stayed terdiri dari tiga bagian masing-masing 520 meter, 320 meter dan 300 meter.
JEMBATAN SUNGAI TAYAN
Jembatan Kapuas Tayan di Kabupaten Sanggau Kalimanta Barat telah selesai dibangun dan ujicoba jembatan untuk dilewati kendaraan sudah berlangsung sejak 19 Februari 2016. " Jembatan Tayan sudah selesai, malah sdah ujicoba traffic sekarang. Sudah dari tanggal 19 (Februari) kita buka untuk kendaraaan lewat, " ujar kepala pelaksana satuan Kerja Jembatan Kapuas Tayan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Yudha Hadita.
Panjang keseluruhan jembatan ditambah jalan akses mencapai 5,3 km, dengan panjang jembatan mencapai 1,42 km terdiri daari 2 bagian jembatan. Bagian pertama sepanjang 280 meter dengan lebar 11,5 meter dan bagian kedua sepanjang 1,14 km dengan lebar 11,4 meter. Jembatan ini menjadi yang terpanjang di Kalimantan. " Dibilang yang terpanjang iya dari segi bangunannya. Artinya, bagian jembatan yang melayang memang yang terpanjang, " kata Yudha.
Jembatan Kapuas Tayang menghuubungkan Provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah melalui Desa Tayan dan Desa Piasak di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau dibangun oleh China Road and Bridge Coorporation dengan PT. Wijaya Karya Tbk dengan total biaya Rp 1.023 trilliun. Jembatan ini menjadi sangat penting karena menghubungkan jalan trans selatan Kalimantan yang belum tersambung.
Jembatan ini memiliki panjang keseluruhan mencapai 1.440 meter, lebar jembatan tiga jalur kendaraan atau sekitar 11 meter, tinggi jembatan dari permukaan air Sungai Kapuas saat banjir tertinggi mencapai 13 meter. Konstruksi jembatan tersebut terbagi dalam dua bentangan, bentangan pertama menghbungkan kota Tayan dengan Pulau Tayan sepanjang sekitar 300 meter dan kedua bentangan yang menghubungkan Pulau Tayan dengan Kota Piasak sepanjang 1.140 meter.
JEMBATAAN MERAH PUTIH AMBON
Pembangunan Jembatan " Merah Putih " di Kota Ambon Provinsi Maluku, yang menghubungkan jalan dari Wilayah Hative Kecil (sisi Gala) dengan Wilayah Rumah Tiga (sisi poka) di Teluk Ambon sepanjang 1.140 km telah rampung. Pengerjaan Jembatan ini sejak 17 Juli 2011 biaya sebesar Rp 700 milyar .
Jembatan yang membelah teluk Ambon ini memiliki Panjang 1.140 meter terbagi dalam tiga bagian dengan ketinggian 34,1 meter di atas permukaan laut. Pertama, jembatan pendekat Poka (poka approach bridge) sepanjang 520 meter, Kedua, Jembatan pendekat Galala (Galala approach bridge) sepanjang 320 mete dan Ketiga, Jembatan Utama (main bridge) sepanjang 300 meter.
Jembatan " Merah Putih " yang digadang-gadang menjadi terpanjang se Indonesia timur serta menjadi kebanggaan warga Kota Ambon diharapkan akan segera beroperasi setelah rampung pekerjaannya pada akhir Februari, karena jalur ini bisa memangkas waktu tempuh perjalanan. Salah satunya perjalanan dari Bandara Pattimura menuju ke tengah Kota Ambon yang sebelumnya memakan waktu 1 jam akan menjadi hanya 15 - 20 menit saja.
byKariTaLa LA
Jembatani kesejahteraan esok dengan pembangunan yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar